Renungan Harian: Senin, 14 Juni 2021 - Membayar Pajak



SENIN 14 JUNI 2021

MEMBAYAR PAJAK

Bacaan Alkitab : Matius 22:15-22

Kita merasa senang karena di kota Solo sudah dibangun jalan tol. Bahkan jalan tol itu sudah tersambung dari ujung timur hingga ujung barat. Bila kita ingin ke Surabaya, kita hanya butuh waktu 2-3 jam saja. Kamu ingin ke Jakarta, cukup menempuh waktu 7-8 jam saja. Sungguh menyenangkan. Semua pembangunan di negara kita bisa berjalan dengan lancar karena kerelaan setiap warga negara untuk membayar pajak kepada pemerintah. 

Kewajiban untuk membayar pajak bagi setiap anggota warga negara bukan hanya terjadi pada jaman sekarang, pada jaman Tuhan Yesus pun sudah dilakukan. Suatu hari berkumpullah orang-orang Farisi dan berunding untuk menjatuhkan Tuhan Yesus. Mereka bertanya “Katakanlah kepada kami pendapat-Mu: Apakah diperbolehkan membayar pajak kepada Kaisar atau tidak?” Yesus menjawab mereka: "Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah." Sekalipun pada masa itu Kaisar sendiri bukanlah orang yang baik dan jujur. Rasul Paulus juga menyarankan orang Romawi untuk membayar pajak kepada Kaisar, sekalipun Kaisar Nero dikenal sebagai pemimpin yang jahat dan kejam. 

Sekalipun di negara kita ada orang-orang yang berbuat curang dalam hal pajak, tetapi Tuhan Yesus sendiri tetap mendorong supaya setiap warga negara, harus patuh kepada peraturan yang telah dibuat pemerintah tentang membayar pajak. Kita punya satu alasan untuk tidak mematuhi pemerintah apabila pemerintah menyuruh rakyatnya melakukan sesuatu yang bertentangan dengan firman Tuhan. Di dalam Alkitab, tak ada larangan untuk membayar pajak. Justru sebaliknya, mendorong kita untuk menjadi warga negara yang baik, salah satunya dengan membayar pajak.


Berikan kepada Tuhan yang seharusnya untuk Tuhan 
Dan Bayarlah pajak kepada yang berhak menerimanya


Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Senin, 14 Juni 2021 - Membayar Pajak"