Renungan Harian: Sabtu, 5 Juni 2021 - Teokrasi

Renungan Harian: Sabtu, 5 Juni 2021 - Teokrasi


SABTU, 5 JUNI 2021

TEOKRASI

Bacaan Alkitab: Hakim-Hakim 8:22-35

Teokrasi adalah cara memerintah suatu negara berdasarkan kepercayaan kepada Tuhan dan Tuhan-lah yang memerintah, sedangkan hukum yang berlaku di negara tersebut adalah hukum Tuhan. Theos, artinya Allah dan kratos, berarti 'kuasa atau pemerintahan. Tipe pemerintahan ini tidak sama dengan pemerintahan yang ada di dunia, karena model pemerintahan ini diatur oleh penyataan Allah. Keunikan utama pemerintahan ini, adalah bahwa Allah yang memerintah atas suatu bangsa yg harus kudus sebab Allah sendiri adalah kudus adanya. 

Ketika Allah memilih satu bangsa untuk menjadi umat pilihan-Nya, Ia memilih bangsa Israel. Allah yang berinisiatif untuk membawa keluar dari negeri Mesir dan menetapkan Musa menjadi pemimpin mereka. Sistem yang berlaku inilah yang disebut pemerintahan teokrasi. Walau demikian, Allah tetap mengutus dan menetapkan seorang imam, nabi dan hakim untuk berdiri dihadapan umt Israel. 

Seorang nabi memiliki peranan yang sangat penting, yaitu menjadi pengantara antara Allah dengan umat-Nya. Seorang nabi dipercaya untuk mendirikan mezbah bagi Tuhan, memimpin umat beribadah, dan mempersembahkan korban bakaran kepada Allah. Segala hal yang Allah kehendaki agar umat melakukannya, akan akan disampaikan kepada nabi. Tugas lain dar seorang nabi ialah menyampaikan segala sesuatu kepada umat sesuai dengan perintahkan Allah. Itu sebabnya, seorang nabi tidak dapat berbicara atas dirinya sendiri, melainkan berbicara atas nama Allah, dan menyampaikan berita itu dengan tepat. Hukum yang berlaku pada masa itu adalah, barangsiapa taat, ia akan mendapatkan berkat, tetapi barang siapa tidak taat, ia akan dihukum. 

Setiap kita yang percaya kepada Tuhan, disebut anak-anak Tuhan. Sudah harusnya bila kita hidup di dalam ketaatan kepada Tuhan. Ketika kita hidup dengan taat, berarti kita telah melanggar perintah Allah. 


Hidup dipimpin oleh Allah berarti membawa hidup kepada ketaatan


Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Sabtu, 5 Juni 2021 - Teokrasi"