Renungan Harian: Sabtu, 12 Juni 2021 - Berawal dari Keluarga

Renungan Harian: Sabtu, 12 Juni 2021 - Berawal dari Keluarga


SABTU, 12 JUNI 2021

BERAWAL DARI KELUARGA

Bacaan Alkitab: Roma 13:8-14

Keluarga kami memiliki perkebunan mangga di pinggiran kota. Ada beberap pohon yang tampak kurang sehat. Saya pikir nanti pohon itu akan pulih dengan sendirinya. Dua bulan berlalu, pohon yang diserang hama bertambah banyak. Hampir seperempat kebun pohon-pohon mangga itu diserang dengan hama. Saya memanggil tukang kebun untuk memeriksa pohon-pohon itu. Ia berkata, bahwa pohon-pohon itu membutuhkan obat dan perawatan khusus agar segera pulih kembali. Maka kami meminta tukang kebun itu untuk segera menanganinya. 

Mengingat pohon mangga yang rusak, pikiranku melayang kepada sekelompok geng motor. Kelompok ini terbentuk karena merasa kecewa dengan kehidupan. Tekanan dengan orang tua membuat mereka sering konflik. Sementara karena tuntutan pekerjaan, orang tua tidak ada waktu mendampingi anak. Untuk menghindari masalah di rumah, anak memilih sibuk di luar rumah. Mereka bertemu dengan teman yang senasib, berkumpul dan membentuk kelompok-kelompok jahat dan anarkis. Hati nuraninya tipis, mudah tersinggung, dan membuat gaduh dimanapun berada. Seperti inikah wajah bangsa kita? Biasanya kita hanya menghela nafas panjang dan tidak berbuat apa-apa. 

Hal yang dapat kita lakukan agar wajah bangsa kita berubah adalah mulai dari diri sendiri. Sediakanlah waktu (quality time) bersama anggota keluarga. Dengan waktu bersama, kita dapat membangun cinta dan relasi antar anggota keluaga menjadi semakin kuat. Kebersamaan di dalam keluarga, berguna untuk membangun jiwa anggota keluarga menjadi kuat. Setiap kita juga dipanggil untuk dapat membangun keluarga kristen dan memberi dampak bagi dunia. Bila setiap anggota keluarga mengalami pengampunan Allah dan hatinya diisi dengan kasih-Nya, maka damai yang sejati akan dapat dirasakan. Kedamaian itu dapat kita tularkan kepada sesama di sekitar kita. 


Bangsa yang kuat berawal dari keluarga yang sehat


Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Sabtu, 12 Juni 2021 - Berawal dari Keluarga"