Renungan Harian: Rabu, 9 Juni 2021 - Doa untuk Bangsa - Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta

Rabu, 09 Juni 2021

Renungan Harian: Rabu, 9 Juni 2021 - Doa untuk Bangsa

Renungan Harian: Rabu, 9 Juni 2021 - Doa untuk Bangsa
Renungan Harian: Rabu, 9 Juni 2021 - Doa untuk Bangsa


RABU, 9 JUNI 2021

DOA UNTUK BANGSA

Bacaan Alkitab: 1 Petrus 2:11-17

Kami rindu melihat Indonesia pulih dari semua problema
Hidup dalam jalan kebenaran-Mu, pancarkan terang kemuliaan-Mu
Kuucapkan berkat atas Indonesia, biar kemuliaan Tuhan akan nyata
Bagi bangsa ini kami berdiri dan membawa doa kami kepada-Mu
Sesuatu yang besar pasti terjadi dan mengubahkan negeri kami
Hanya nama-Mu Tuhan ditinggikan atas seluruh bumi

Lagu ini adalah penggalan doa yang berisi tentang kerinduan anak-anak Tuhan bagi Indonesia. Ungkapan keprihatinan mengingat kejahatan yang merajalela di tengah bangsa, sungguh jauh dari rancangan Sang Pencipta. Konflik antar agama, kecemburuan sosial, korupsi, masalah kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya. Pada masa itu mereka kehilangan kepercayaan terhadap pemerintah. Para pemimpin tidak mampu membuat negeri ini lebih baik. Namun, bukankah pemerintah ada karena izin Tuhan? Dan dalam kondisi pemerintahan yang tidak ideal pun, anak-anak Tuhan tetap dipanggil untuk menunjukkan sikap hormat terhadap para penguasa, sekaligus berbuat baik dan menjadi teladan bagi banyak orang (1 Petrus 2:16-17). Kita bahkan dipanggil untuk mendoakan pemerintah kita, agar mereka juga dapat mengenal kebenaran dan hidup di dalamnya.

Ketika usaha manusia tidak mampu mengubah keadaan suatu bangsa, doa menjadi jalan terbaik untuk dilakukan dan tidak akan sia-sia. Ketika orang percaya berdoa, Bapa di surga mendengarkan. Tuhan memahami perasaan hati kita, pikiran kita, dan kesungguhan niat kita dalam berdoa. Dia juga akan memberi hikmat dan memampukan kita menjadi garam dan terang di mana pun kita ditempatkan-Nya.

Bukan kebetulan kita lahir dan besar di Indonesia. Satu hal yang pasti Tuhan menempatkan kita di negeri ini, untuk menggenapkan rencana-Nya bagi Indonesia di dalam dan melalui hidup kita. Saling Menghormati dan mengasihi satu sama lain, sebagai warga negara Indonesia. Setiap hal yang kita lakukan bagi kebaikan negara ini adalah wujud penghormatan dan kasih kita kepada Tuhan. 


Tindakan kecil yang dapat kita lakukan untuk bangsa tercinta adalah berdoa


Baca Rekomendasi Terkait Lainnya

Baca Rekomendasi Kategori Lain

Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta ©