Renungan Harian: Kamis, 3 Juni 2021 - Warga Negara Sejati

Renungan Harian: Kamis, 3 Juni 2021 - Warga Negara Sejati


KAMIS, 3 JUNI 2021

WARGA NEGARA SEJATI

Bacaan Alkitab: Ulangan 10:1-12

Moldova, adalah salah satu negara termiskin di Eropa, Suatu hari kami bersama tim misi mengadakan kunjungan ke sana. Kami dibuat terharu oleh sambutan hangat oleh penduduk Moldova, terutama dari saudara seiman di sana. Kami membawa sumbangan berupa pakaian dan sembako untuk sepasang suami-istri yang melayani di gereja. Pasangan itu sangat miskin tetapi masih bersedia menjadi orangtua asuh bagi beberapa anak. Mereka menyediakan hidangan sederhana, teh manis dan makanan seadanya, namun cara mereka memperlakukan kami seperti layaknya tamu kehormatan. Sekembalinya dari sana, kami membawa buah tangan berupa buah-buahan dan sayur-mayur. Kami sangat kagum pada kebaikan hati dan keramahan pasangan itu.

Ketulusan dan integritas pasangan itu mengajarkan kepada kami, bahwa demikianlah seharusnya hidup dari seorang Kristen. Sebagai pengikut Kristus, sudah seharunya bila hidupnya berpadanan dengan Kristus. Menunjukkan keramahtamahan sebagaimana yang Allah perintahkan kepada umat-Nya, Israel. Dia memerintahkan bangsa Israel untuk “hidup menurut segala jalan yang ditunjukkan-Nya, mengasihi Dia, beribadah kepada Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu” (Ul. 10:12). “Haruslah kamu menunjukkan kasihmu kepada orang asing, sebab kamupun dahulu adalah orang asing di tanah Mesir” (ay.19). Menyambut orang asing sama dengan melayani dan memuliakan Allah. Bukan untuk menunjukkan hidup yang berpura-pura, melainkan hidup yang berpadanan dengan panggilan Allah. Orang yang menunjukkan kasih dan kepedulian seperti yang diteladankan Kristus berarti memperlihatkan iman mereka kepada Allah.

Situasi dan kondisi kita mungkin berbeda dengan kondisi orang Moldova atau orang Israel, tetapi kita dapat menunjukkan kasih kepada Allah dengan cara yang sama. Melalui sikap yang terbuka dalam menyambut orang lain; memberi senyum ramah untuk orang yang kita temui, meneruskan kasih dan perhatian kepada mereka yang terluka dan kesepian. 


Warga Kerajaan Allah sejati hidup menunjukkan kasih dan keramahan


Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Kamis, 3 Juni 2021 - Warga Negara Sejati"