Renungan Harian: Kamis, 10 Juni 2021 - Pemerintah sebagai Hamba Allah

Renungan Harian: Kamis, 10 Juni 2021 - Pemerintah sebagai Hamba Allah


KAMIS, 10 JUNI 2021

PEMERINTAH SEBAGAI HAMBA ALLAH

Bacaan Alkitab: Roma 13: 1-8

Pemerintah adalah hamba Allah (Rom 13:4). Kata hamba yang dipakai di sini dalam bahasa aslinya adalah diakonos yang artinya pelayan. Pemerintah dipercaya oleh masyarakat Romawi sebagai utusan Tuhan untuk memimpin dan mengatur semua hal yang berkaitan dengan pemerintahan. Istilah itu bertentangan dengan pandangan orang Yunani dan Romawi tentang negara. Kaum abdi negara memang "hamba", tetapi negara sendiri tidak berhamba kepada siapa pun juga, negara sebagai penguasa tertinggi yang berhak menuntut loyalitas (kesetiaan) mutlak dari setiap warganya. Pada zaman Paulus tuntutan itu terwujud hingga mengkultuskan kaisar. Di sini Paulus mendorong orang percaya untuk tunduk kepada negara. Namun, ketundukkan itu diwujudkan dalam pemikiran yang baru dengan menyebut pemerintah sebagai hamba Allah.

Pemerintah sebagai hamba Allah yang diberi kuasa untuk menjalankan roda pemerintahan sesuai dengan keinginan Allah. Di dalam setiap kebijakannya, para pemimpin negara mewakili Tuhan mengatur segala sesuatu demi kebaikan warganya. Kebenaran ini juga sebagai batasan bagi orang Kristen. Jika pemerintah mengambil kebijakan yang melawan Tuhan, maka kita harus sadar bahwa kita harus tetap lebih patuh pada Allah, sebab pemerintah adalah hamba Allah.

Gereja dan negara merupakan dua institusi yang berbeda, namun kedua-nya memiliki hubungan yang erat. Setiap warga gereja adalah anggota warga negara yang wajib tunduk kepada peraturan yang berlaku di pemerintahan. Bukti sejarah memperlihatkan, bahwa ketika gereja menguasai negara, yang terjadi adalah masa kegelapan bagi gereja. Sebaliknya, ketika negara menguasai gereja, yang terjadi adalah masa suram perkembangan kekristenan. Negara dan gereja merupakan lembaga yang berbeda namun tetap dapat berjalan berjalan bersama di dalam terang Firman Tuhan sesuai dengan aturannya masing-masing. Negara menjalankan roda pemerintahan sebagai wakil Allah yang berhikmat melindungi dan mengupayakan yang terbaik bagi setiap warganya Sebaliknya setiap warga gereja wajib tunduk kepada peraturan pemerintah yang berlaku, 


Setiap warga gereja wajib tunduk kepada pemerintah
sebagai wakil Allah di dunia


Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Kamis, 10 Juni 2021 - Pemerintah sebagai Hamba Allah"