Renungan Harian: Jumat, 18 Juni 2021 - Usahakan Kesejahteraan Kota

Renungan Harian: Jumat, 18 Juni 2021 - Usahakan Kesejahteraan Kota


JUMAT, 18 JUNI 2021

USAHAKAN KESEJAHTERAAN KOTA

Bacaan Alkitab: Yeremia 29: 1-7

Kesejahteraan Kota adalah kesejahteraan kita. Yang dimaksudkan bahwa untuk mengusahakan kesejahteraan kota merupakan bagian yang penting demi mencapai kesejahteraan kita. Bila kota dimana kita berada dalam keadaan rusuh, merasa tidak aman, setiap saat selalu was-was. Untuk menghadapi keadaan ini, kita tidak bisa hanya berdoa. Dibutuhkan sikap proaktif, berperan aktif untuk mewujudkannya rasa tentram. Menyatakan kesejahteraan kota merupakan tindakan yang tidak bisa tawar menawar. 

Untuk mewujudkan kesejahteraan kota tersebut, Tuhan menempatkan kita untuk berperan sesuai dengan panggilan kita masing-masing. Untuk menjalankan peran tersebut, Allah memperlengkapi kita dengan talenta dan kemampuan yang saling melengkapi. Tujuannya adalah untuk membawa kesejahteraan bagi sesama di sekitar tempat tinggal kita. 

Tuhan pun telah menyediakan berkatNya bagi setiap kita untuk hidup dengan layak. Memiliki rumah, miliki pekerjaan dengan penghasilan yang baik, dan berkeluarga, beranak cucu. Semua itu disediakan Tuhan bagi kita dalam menjalankan tugas kita seperti yang dikehendaki Tuhan. Tidak hanya meminta, tetapi Tuhan telah menyediakannya bagi kita lebih dahulu. Apa yang Tuhan telah lakukan, kita teruskan kepada sesama kita. Alangkah keterlaluannya apabila kita memilih berpangku tangan ketika melihat bangsa kita membutuhkan bantuan kita. 

Mari kita mulai berpikir apa yang bisa kita berikan demi kesejahteraan negeri kita. Mari kita mulai dari lingkungan sekitar tempat tinggal kita. Kita dapat berkontribusi dengan mempergunakan talenta pemberikan Tuhan untuk kebaikan lingkungan kita. Bagaimanakah kita dapat mempertanggungjawabkan kesejahteraan kota kita? Sejauh mana kita sudah berkontribusi untuk kemajuan bangsa? Selain berdoa bagi bangsa, kita juga memiliki kewajiban untuk memberi kontribusi lewat karya nyata sesuai kemampuan yang diberikan oleh Tuhan. 


Tanggung Jawab Setiap Warga Negara Adalah
Mengupayakan Kesejahteraan Kotanya


Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Jumat, 18 Juni 2021 - Usahakan Kesejahteraan Kota"