Renungan Harian: Senin, 31 Mei 2021 - Allah Tritunggal dan Kreativitas - Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta

Senin, 31 Mei 2021

Renungan Harian: Senin, 31 Mei 2021 - Allah Tritunggal dan Kreativitas

Renungan Harian: Senin, 31 Mei 2021 - Allah Tritunggal dan Kreativitas
Renungan Harian: Senin, 31 Mei 2021 - Allah Tritunggal dan Kreativitas


SENIN, 31 MEI 2021

ALLAH TRITUNGGAL DAN KREATIVITAS

Bacaan Alkitab: Kejadian 1:1-5

Kreativitas, sebuah istilah yang sangat populer pada saat ini. Baik di dunia pendidikan maupun usaha, kreativitas adalah hal yang sangat dicari. Melalui kreativitas diharapkan adanya suatu inovasi atau terobosan dari suatu sistem yang ada, yang dirasa sudah usang dan tidak relevan lagi. Hal ini sesuai dengan definisi dari kreativitas yang kita ketahui pada umumnya yaitu sebagai upaya dalam merealisasikan ide atau konsep baru, menjadi suatu realitas yang bernilai atau berguna baik dalam memecahkan masalah di berbagai bidang, hingga perkembangan budaya dan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, kreativitas merupakan bagian yang penting dalam manusia menjalankan tugasnya sebagai gambar dan rupa Allah. Tanpa adanya kreativitas, manusia tidak akan memiliki kebudayaan yang begitu maju seperti sekarang.

Keberadaan kreativitas manusia yang begitu menakjubkan menyadarkan kita betapa menakjubkan Sang Kreator kita, Allah Tritunggal. Keberadaan ini juga sekaligus menyadarkan kita bahwa kreativitas manusia tidak pernah melampaui “kreativitas” Sang Kreator. Kreativitas kita sebagai manusia hanyalah sebatas menggunakan apa yang sudah Allah sediakan. Demikianlah kreativitas seharusnya merupakan proses berpikir sejauh sebagaimana yang Tuhan pimpin dalam hidup kita. Inilah yang dimaksud dengan “Thinking after God’s own thought”, berpikir sebagaimana yang Tuhan mau. Hal ini kembali menekankan bahwa proses mencipta yang dilakukan oleh manusia berbeda dengan proses mencipta yang dilakukan Allah. Allah itu kekal, yang mencipta dari tidak ada menjadi ada. Allah menciptakan langit dan bumi dari tidak ada menjadi ada.


Betapa bahagianya orang Kristen yang menggunakan daya kreativitasnya sesuai dengan kehendak Allah di dalam dirinya sehingga seluruh hasil kreativitas itu memancarkan pujian kepada dan bagi Sang Kreator itu sendiri, Allah Tritunggal.


Baca Rekomendasi Terkait Lainnya

Baca Rekomendasi Kategori Lain

Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta ©