Renungan Harian: Rabu, 26 Mei 2021 - Kreatifitas Tanpa Batas

Renungan Harian: Rabu, 26 Mei 2021 - Kreatifitas Tanpa Batas


RABU, 26 MEI 2021

KREATIFITAS TANPA BATAS

Bacaan Alkitab: Kejadian 1:26-31

Seorang penulis dan penyair senior asal Amerika Serikat bernama Maya Angelou pada suatu kali menulis sebuah kalimat yang menurut saya sangat menginspirasi, terutama karena saya bekerja di dalam dunia jurnalistik alias hidup dari menulis. Katanya: "You can't use up creativity. The more you use, the more you have." Anda tidak akan pernah kehabisan kreativitas. Semakin banyak anda gunakan, semakin banyak kreativitas yang anda peroleh." Menurut pengalaman saya, apa yang ia katakan sangatlah tepat. Kreativitas adalah sesuatu yang akan terus meningkat jika semakin banyak digunakan, tidak hanya dipendam dan didiamkan. Semakin dipakai semakin banyak.

Kreativitas adalah sesuatu yang unik yang berbeda-beda bagi tiap individu, dan ini tidak akan pernah ada habisnya. Semua orang punya kreativitas sendiri-sendiri dalam porsinya masing-masing. Meski tingkatnya berbeda-beda, tetapi setiap orang tentu memiliki itu. Karenanya saya suka tersenyum ketika mendengar orang berkata bahwa mereka tidak punya kreativitas sehingga ragu untuk bisa mengerjakan sesuatu.

Dalam Kejadian 1:26 dikatakan diciptakan menurut gambar dan rupa Allah sendiri. Dalam versi English amplified dikatakan "in Our image, after Our likeness". Itu menunjukkan bahwa kita mewarisi bukan hanya image alias bentuk atau gambar, tetapi juga sifat-sifat Allah, termasuk soal kreativitas. Bahkan selanjutnya dikatakan bahwa kepada kita diberikan otoritas atas segala hewan, tumbuhan dan seisi bumi yang penekanannya diberikan dalam ayat 28-30. Jadi tidak ada alasan bagi kita untuk mengatakan bahwa kita tidak dilengkapi dengan kreativitas karena Allah sudah mengatakan bahwa kita diciptakan sesuai dengan gambar dan rupa (image and likeness), dan kita diberi otoritas untuk berkuasa atas ciptaan Tuhan lainnya, yang jelas memerlukan kreativitas agar bisa membawa hasil yang baik sebagai pertanggungjawaban atas tugas yang sudah diberikan kepada manusia sejak semula.


Allah Sudah Menaruh Kemampuan Kreatif Dalam Diri Manusia, Oleh Sebab Itu Tugas Kita Adalah Memaksimalkannya


Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Rabu, 26 Mei 2021 - Kreatifitas Tanpa Batas"