Renungan Harian: Senin, 8 Maret 2021 - Asal Ada Makanan dan Pakaian - Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta

Monday, March 8, 2021

Renungan Harian: Senin, 8 Maret 2021 - Asal Ada Makanan dan Pakaian

Renungan Harian: Senin, 8 Maret 2021 - Asal Ada Makanan dan Pakaian
Renungan Harian: Senin, 8 Maret 2021 - Asal Ada Makanan dan Pakaian


SENIN, 8 MARET 2021

ASAL ADA MAKANAN DAN PAKAIAN

Bacan Alkitab: 1 Timotius 6:3-16

Beberapa tahun yang lalu seorang perancang mobil menggunakan lagu lama Shaker yang berjudul "Simple Gifts" (Anugerah yang Sederhana) untuk mempromosikan sebuah mobil mewah. Bagi mereka yang tahu lirik lagu tersebut, sepertinya aneh ada orang yang memakai lagu yang berbicara tentang mencari kepuasaan lewat hidup sederhana, untuk menjual sebuah mobil mahal. Lirik lagu tersebut berbunyi "Adalah anugerah untuk menjadi sederhana, adalah anugerah untuk bebas, adalah anugerah untuk berada di tempat kita yang seharusnya.

Pikiran dunia mengajarkan bahwa standar rasa cukup itu diukur dengan semua keinginan kita dapat terpenuhi. Saya merasa cukup kalau di rumah ada mobil pajero sport terparkir di depan rumah, berdampingan dengan motor Harley Davidson atau minimal motor gedhe. Sering kali kita sulit untuk menerima ajaran Alkitab yang mengatakan bahwa rasa cukup tidak ada hubungannya dengan adanya barang mewah di rumah, atau milyaran uang di rekening bank kita, atau makanan western di atas meja kita. 

Rasul Paulus mengajarkan bahwa ibadah yang disertai dengan rasa cukup adalah "keuntungan besar" (ayat 6). Mungkin Timotius juga terkejut seperti kita saat membaca kata-kata, "Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah" (ayat 8).

Berapa banyak dari kita yang mau menghentikan kegiatan sejenak hari ini untuk bersyukur kepada Tuhan atas pakaian dan makanan yang sudah disediakan-Nya bagi kita? Perubahan besar apakah yang mungkin terjadi jika kita mau melakukan hal itu setiap hari?

Lagu lama Shaker juga mengingatkan kita bahwa kecukupan adalah anugerah yang patut kita nikmati. Lanjutan lagu tersebut berbunyi demikian, "Dan ketika kita berada di tempat yang tepat, berarti kita telah berada di lembah kasih dan sukacita. Dalam begitu banyaknya anugerah Allah yang sederhana, kita dapat merasa cukup. 


Rasa Cukup Bukan Berasal Dari Melimpahnya Kekayaan
Melainkan Dari Sedikitnya Keinginan


Baca Rekomendasi Terkait Lainnya

Baca Rekomendasi Kategori Lain

Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta ©