Renungan Harian: Rabu, 3 Maret 2021 - Sumur Tanpa Dasar - Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta

Wednesday, March 3, 2021

Renungan Harian: Rabu, 3 Maret 2021 - Sumur Tanpa Dasar

Renungan Harian: Rabu, 3 Maret 2021 - Sumur Tanpa Dasar
Renungan Harian: Rabu, 3 Maret 2021 - Sumur Tanpa Dasar


RABU, 3 MARET 2021

SUMUR TANPA DASAR

Bacaan Alkitab : Ulangan 16:13-16

Kita pasti tidak asing dengan istilah sumur. Tanah yang di gali dengan sangat dalam, bahkan hingga 30m atau lebih untuk mendapatkan sumber air bersih. Diameternya 1 - 1,5m. Bagian bibir sumur biasanya di beton agar kuat untuk menyangga badan orang yang menimba air di sumur tersebut. Sedalam berapapun, sumur ini mempunyai dasar atau batas kedalaman. 

Seorang teman dalam status di akun jejaring sosialnya menuliskan: “Bumi cukup untuk memenuhi kebutuhan seluruh manusia tetapi tidak cukup untuk mencukupi satu orang tamak.” Apa yang ia tuliskan ini tampaknya diambil dari sebuah kutipan kata-kata bijak Mahatma Gandhi yang berbunyi: “Earth provides enough to satisfy every man’s need, but not every man’s greed”. Apa yang dikatakan oleh Mahatma Gandhi ini sesungguhnya mengandung makna penting agar kita bisa bersyukur dengan apa yang kita miliki

Kalau sumur air setiap waktu ditimba untuk ambil airnya, tetapi kalau sumur tanpa dasar terus diisi tanpa ada habisnya. Saya menggambarkan keinginan itu seperti sumur tanpa dasar. Tuhan telah menyediakan segalanya dengan baik dan cukup untuk memenuhi kebutuhan seluruh manusia yang ada di bumi ini, tetapi rasa puas dengan apa yang kita ingini sangat sulit terpenuhi. Sebab keinginan itu menuntut lebih dan lebih lagi, kurang dan kurang terus. Kalau satu keinginan terpenuhi, akan muncul keinginan yang lain. Tidak sedikit manusia yang berani menuduh Tuhan tidak adil. Mudah bagi kita untuk menginginkan lebih banyak tetapi sulit bagi kita untuk merasa cukup dan bersyukur dengan apa yang kita miliki saat ini.


Pangkaslah Ranting-Ranting Keinginan, Dan Bersyukurlah Untuk Semua Yang Kamu Miliki.

Baca Rekomendasi Terkait Lainnya

Baca Rekomendasi Kategori Lain

Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta ©