Renungan Harian: Selasa, 9 Februari 2021 - Pahlawan Tak Terlihat

Renungan Harian: Selasa, 9 Februari 2021 - Pahlawan Tak Terlihat


SELASA, 9 FEBRUARI 2021

PAHLAWAN TAK TERLIHAT

Bacaan Alkitab : Keluaran 17:8-15

Kisah-kisah dalam Alkitab dapat membuat kita terpana dan bertanya-tanya. Contohnya, ketika Musa memimpin umat Allah menuju Tanah Perjanjian dan mereka diserang oleh bangsa Amalek, bagaimana Musa tahu bahwa ia harus pergi ke puncak bukit dan memegang tongkat Allah di tangannya? (Kel. 17:8-15). Alasannya tidak dijelaskan kepada kita, tetapi kita tahu bahwa ketika Musa mengangkat tangannya, orang Israel akan memenangi pertempuran, tetapi ketika tangannya turun, orang Amalek yang menang. Ketika Musa lelah, Harun saudaranya, dan Hur menopang kedua belah tangan Musa supaya orang Israel menang.

Kita tidak tahu banyak tentang Hur, tetapi ia memegang peran penting dalam sejarah Israel saat itu. Hal itu mengingatkan kita akan pentingnya para pahlawan yang tak kelihatan, ketika mereka yang menopang dan menguatkan para pemimpin mempunyai peran penting yang sering kali terlewatkan. Para pemimpinlah yang mungkin sering disebutkan dalam buku-buku sejarah atau disanjung di media sosial. Namun demikian, kesaksian yang setia dan tak menonjol dari mereka yang melayani dengan cara-cara lain tidaklah diabaikan oleh Tuhan. Tuhan melihat seseorang yang berdoa syafaat setiap hari untuk teman-teman dan keluarganya. Tuhan memperhatikan wanita yang setiap Minggu merapikan kursi di gereja. Tuhan melihat seseorang yang memberkati tetangganya dengan perkataan yang menguatkan.

Pada bagian apa Allah memberikan tanggung jawab pada kita saat ini? Apakah itu terasa sangat sederhana bahkan tidak terlihat? Allah sedang memakai hidup kita, bahkan ketika perbuatan kita terasa tak berarti. Kiranya kita bisa mengerjakan setiap hal yang dipercayakan kepada kita dengan penuh tanggung jawab.


Para pahlawan yang tak terlihat selalu terlihat oleh Allah.


Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Selasa, 9 Februari 2021 - Pahlawan Tak Terlihat"