Renungan Harian: Selasa, 2 Februari 2021 - Meringankan Beban

Renungan Harian: Selasa, 2 Februari 2021 - Meringankan Beban


SELASA, 2 FEBRUARI 2021

MERINGANKAN BEBAN

Bacaan Alkitab : Bilangan 11:14-17 

Dengan sebuah sepeda, Anda dapat menarik beban yang luar biasa berat. Seorang dewasa dengan kereta gandeng khusus (dan ditambah sedikit tekad) dapat menggunakan sebuah sepeda untuk menarik beban hingga 135 kg dengan kecepatan sekitar 16 km/jam. Masalahnya: semakin berat beban yang ditarik, semakin lambat laju sepedanya. Seseorang yang menarik peralatan atau benda seberat 270 kg hanya mampu bergerak dengan kecepatan sekitar 13 km/jam.

Musa pernah memikul beban lain di tengah padang gurun, yakni beban emosional yang membuatnya kewalahan. Hasrat orang Israel untuk makan daging daripada manna telah membuat mereka menangis. Mendengar ratapan yang terus-menerus itu, Musa pun jengkel dan berkata kepada Allah, “Aku seorang diri tidak dapat memikul tanggung jawab atas seluruh bangsa ini, sebab terlalu berat bagiku” (Bil. 11:14).

Seorang diri saja, Musa kekurangan sumber daya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Allah menanggapi masalah itu dengan meminta Musa memilih 70 orang tua-tua yang dapat bekerja sama dengannya dan meringankan beban yang dipikulnya. Allah berfirman kepada Musa, “[Para tua-tua Israel] bersama-sama dengan engkau akan memikul tanggung jawab atas bangsa itu, jadi tidak usah lagi engkau seorang diri memikulnya” (ay.17). 

Sebagai murid Yesus kita mempunyai tanggung jawab dalam meringankan masalah yang sedang dihadapi oleh komunitas di mana kita berada. Komunitas itu bisa jadi adalah rumah di mana kita tinggal, sekolah tempat kita mengajar dan belajar atau di masyarakat dan lingkungan pergaulan di mana kita berada. Kita perlu memikirkan hal apa yang bisa saya lakukan untuk meringankan masalah yang ada. Itu merupakan wujud sikap bertanggung jawab di hadapan Tuhan.


Komunitas bersama adalah tanggung jawab bersama


0 Komentar