Renungan Harian: Senin, 4 Januari 2021 - Tanaman Bambu China

RENUNGAN HARIAN: SENIN, 4 JANUARI 2021 - TANAMAN BAMBU CHINA

SENIN, 4 JANUARI 2021

TANAMAN BAMBU CHINA

Bacaan Alkitab: 1 Korintus 3:5-9

Bambu China adalah sejenis tanaman rumput-rumputan dengan rongga dan ruas dibatangnya. Bambu China memiliki banyak manfaat diantaranya sebagai makanan panda juga sebagai obat. Untuk pengobatan Tiongkok, bambu berguna mengobati dan menyembuhkan infeksi. Bambu mengandung sumber potassium yang rendah kalori serta terkenal sebagai sumber protein dan nutrisi yang baik. Konon, di daratan Tiongkok, untuk menanam bambu China bukan hal yang mudah dilakukan. Dua kali sehari, setiap pagi sebelum matahari terbit dan sore hari sesudah matahari terbenam, si petani bambu China harus menyiram bibit bambu China itu. 

Penyiraman harus dilakukan setiap hari dengan setia, kalau tidak maka tanaman ini tidak akan pernah tumbuh dan pasti mati. Jadi tidak boleh ada hari-hari absen untuk menyiram. Hal itu seperti melakukan pekerjaan yang sia-sia. Satu tahun, dua tahun, tiga tahun hingga lima tahun berlalu, tidak ada tanda-tanda atau perubahan apapun yang menunjukkan pertumbuhan bambu tersebut. Tetapi petani ini tetap melakukan kewajibannya dengan setia. Ia mengasihi tanaman ini dan sungguh percaya, bahwa suatu hari ia akan bangga dengan tanaman itu. 

Bagi orang yang tidak mengerti karakter dari tanaman bambu China, tentu akan mengira bila petani bambu China ini gila. Menyiram pot-pot yang tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan. Memang, tidak ada tanda-tanda kehidupan yang keluar dari tanaman ini. Tetapi sesudah tahun ke 6 berakhir, maka keluarlah tunasnya dari bambu tersebut. Dalam waktu 6 bulan, tanaman bambu China ini menjulang tinggi, melebihi tinggi tanaman di sekitarnya. Akhirnya, petani itu berjaya, impiannya terlaksana, ia menjadi terkenal dan dihormati. 


Seperti menanam pohon bambu China, pertumbuhan rohani kita juga perlu dengan tekun untuk terus dipupuk dan siram setiap hari

Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Senin, 4 Januari 2021 - Tanaman Bambu China"