Renungan Harian: Kamis, 14 Januari 2021 - Bertahan di Tengah Tekanan

Renungan Harian: Kamis, 14 Januari 2021 - Bertahan di Tengah Tekanan


KAMIS, 14 JANUARI 2021

BERTAHAN DI TENGAH TEKANAN

Bacaan Alkitab: 1 Korintus 9:24-27

Lao Tzu atau Laozi (baca Laose) berkata “The journey of a thousand miles begins with one step” (perjalanan ribuan mil diawali dengan langkah pertama). Apa yang kamu raih sekarang adalah hasil dari usaha-usaha kecil yang kamu lakukan terus-menerus. Keberhasilan bukan sesuatu yang turun begitu saja, ada langkah-langkah atau proses yang harus dilewati. Ketika seseorang yakin pada tujuan hidupnya, maka ia akan berusaha sekuat tenaga untuk mencapainya. Dimana ada usaha, disitu ada jalan. Dan untuk melewati jalan itu seseorang harus memiliki ketekunan. 

Ketekunan adalah kemampuan seseorang untuk bertahan di tengah tekanan dan kesulitan. Sebelum bayi bisa berdiri, ia awali dengan merangkak. Setelah lihai merangkak, ia harus melewati tahap belajar berdiri dan merambat sebelum belajar menapakkan kami untuk berjalan. Proses selanjutnya adalah dapat berlari. Untuk melewati proses-proses tersebut, ia akan jatuh berkali-kali. Namun kesakitan itu tidak menyurutkan anak itu untuk berhenti belajar berjalan. 

Hal serupa juga Tuhan Yesus anjarkan dalam kehidupan ini. Untuk mencapai suatu tujuan, harus dipersiapkan dan dikerjakan dengan kesugguhan hati. “Tidak tahukah kamu, bahwa dalam gelanggang pertandingan semua peserta turut berlari, tetapi bahwa hanya satu orang saja yang mendapat hadiah!”Karena itu larilah l begitu rupa, sehingga kamu memperolehnya !” (24) Oleh karena itu jangan berhenti di langkah pertama. 

Kadang datang hal-hal lain yang tampaknya lebih menarik perhatian kita, sehingga kita tidak lagi fokus kepada tujuan kita yang semula. Memang semakin jauh kita berjalan, semakin banyak rintangan yang menghadang. Namun keberanian untuk menolak atau melawan godaan yang datang itulah yang akan menyelamatkan kita, Apapun yang kita lakukan, jangan sampai kehilangan tujuan. Pepatah mengatakan bahwa “ribuan kilometer langkah dimulai dengan satu langkah”. 


Sebuah langkah besar sebenarnya terdiri dari banyak langkah-langkah kecil.


Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Kamis, 14 Januari 2021 - Bertahan di Tengah Tekanan"