Renungan Harian: Jumat, 22 Januari 2021 - Utamakan Prosesnya

Renungan Harian: Jumat, 22 Januari 2021 - Utamakan Prosesnya


JUMAT, 22 JANUARI 2021

UTAMAKAN PROSESNYA

Bacaan Alkitab : Pengkhotbah 9:7-12

Banyak orang di dunia ini yang menginginkan hidup enak tanpa kesulitan. Zaman sekarang pun banyak orang yang hidup tidak bisa sabar. Inginnya serba cepat, dan serba bisa tanpa harus melewati sebuah proses. Padahal untuk segala sesuatu yang baik, yang enak dan yang sempurna, tidak bisa tidak tetap harus melewati prosesnya. 

Ada sebagian orang menganggap sepele tugas-tugas kecil yang diberikan kepadanya. Ketika diberikan tanggung jawab yang kecil, kita cenderung menyerahkannya kepada orang lain. Kita berpikir itu sepele, biar orang lain saja yang mengerjakannya. Tetapi ketika tanggung jawab yang besar, kita ingin menyodorkan diri dan menganggap diri mampu. Kenyataannya, pemimpin tidak mempercayakan tugas itu kepada kita. Kita menjadi marah dan kecewa, kita mengejek teman-teman lain yang telah diberikan kepercayaan itu. Kita menganggap rendah teman itu karena kita berpikir, ia tidak akan mampu tanpa bantuan kita. 

Hidup adalah proses. Sesuatu bisa mencapai sempurna, bila dikerjakan dengan baik. Mengerjakan tugas dari yang kecil-kecil memang membutuhkan kesetiaan. Dengan kesetiaan melakukan pekerjaan yang dipandang kecil, itu merupakan modal untuk mengemban tugas yang lebih besar yang akan dipercayakan kepada kita. Inilah yang Tuhan lihat, seberapa setiakah kita mengerjakan tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan kepada kita saat ini. Firman Tuhan mengajarkan, “Segala sesuatu yang dijumpai tanganmu untuk dikerjakan, kerjakanlah itu sekuat tenaga” (Pengkhotbah 9:10). Yang terutama bukan besar atau kecil tugas itu, tetapi adakah kita kerjakan tugas itu dengan sukacita dan kesungguhan hati seperti untuk Tuhan dan bukan manusia. 


Dalam perkara kecil Allah memproses kapasitas diri kita
agar menjadi lebih kuat

Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Jumat, 22 Januari 2021 - Utamakan Prosesnya"