Renungan Harian: Kamis, 3 Desember 2020 - Belajar dari Orang Majus

Renungan Harian: Kamis, 3 Desember 2020 - Belajar dari Orang Majus

KAMIS, 3 DESEMBER 2020

BELAJAR DARI ORANG MAJUS

Bacaan Alkitab: Matius 2:1-12

Pada 2016 ada pohon Natal termahal di Abu Dhabi, senilai 99 miliar jika dirupiahkan. Pohon setinggi 13 meter ini ada di Hotel Emirates Palace dan dihiasi 131 ornamen yang dilapisi emas dan batu berharga seperti berlian dan safir. Untuk pengamanan, ditempatkan beberapa penjaga dan kamera CCTV. Orang merayakan Natal secara begitu mengesankan dengan menempatkan dan menjaga sesuatu yang mewah. Namun, apakah mereka tahu bagaimana menjaga hati mereka tatkala Kristus hadir di dunia? 

Orang-orang Majus dalam teks ini adalah golongan bangsawan yang belajar tentang ilmu perbintangan. Ketika mereka melihat bintang yang bersinar istimewa, mereka tahu bahwa itu adalah pertanda kelahiran seorang pemimpin besar. Orang Majus tidak kenal lelah dalam mengikuti bintang tersebut. Jarak yang mereka tempuh diperkirakan sekitar 600 km. Pasti sesekali mereka beristirahat sepanjang pencarian itu. Namun, mereka begitu bersemangat untuk bertemu dengan Yesus (ay. 10). Mereka pun menyembah dan memberikan persembahan khusus (ay. 11) saat berhasil menemukan Yesus. 

Orang Majus mau menundukkan diri untuk mencari Yesus. Mereka rela membayar harga untuk bertemu dengan Sang Raja. Bagaimana kita selama ini memaknai hari Natal? Apakah kita antusias menyambut kedatangan Yesus dan selalu bersukacita atas kehadiran-Nya di dunia ini? Kiranya hati kita tetap bersukacita karena pertemuan dengan Raja segala raja adalah hal yang istimewa dan tidak bisa dinilai dengan apa pun di dunia ini.


Apakah mentalitas orang majus ada dalam kehidupan kita?
Marilah kita mencari Tuhan dan bersukacita menyambut natal


0 Komentar