Renungan Harian: Selasa, 3 November 2020 - Toleransi: Belas Kasih bagi Mereka yang Terhilang - Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta

Tuesday, November 3, 2020

Renungan Harian: Selasa, 3 November 2020 - Toleransi: Belas Kasih bagi Mereka yang Terhilang

Renungan Harian: Selasa, 3 November 2020 - Toleransi: Belas Kasih bagi Mereka yang Terhilang
Renungan Harian: Selasa, 3 November 2020 - Toleransi: Belas Kasih bagi Mereka yang Terhilang


SELASA, 3 NOVEMBER 2020

TOLERANSI : BELAS KASIH BAGI MEREKA YANG TERHILANG

Bacaan Alkitab : Efesus 4:1-6

Dalam Kitab Suci, toleransi dikaitkan dengan kasih -- kasih agape, yaitu kasih yang tidak mementingkan diri sendiri. Contoh, Efesus 4:2 mendorong kita untuk menunjukkan “toleransi satu sama lain dalam kasih” (terjemahan NASB). Toleransi dimulai dengan memikirkan orang lain daripada memikirkan diri sendiri. Ketika seseorang dengan pendapat atau gaya hidup yang tidak sesuai dengan Alkitab menantang kita, tahan perasaan untuk membalas atau merendahkan orang itu. 

Toleransi menurut Alkitab didasarkan pada melihat orang lain sebagai orang-orang yang terhilang. Mereka layak menerima belas kasihan dari kita. Saat kita melihat mereka demikian, kita akan bisa mendengarkan mereka dan memperlakukan mereka dengan keterbukaan dan hormat meskipun kita tidak sependapat dengan mereka. Toleransi menurut Alkitab juga memungkinkan kita untuk membagikan kebenaran dengan lemah lembut.

Coba kita renungkan: Allah bertahan tanpa mengeluhkan banyak hal dari kita -- pilihan-pilihan kita yang buruk, pendapat kita yang salah tentang Dia, kegagalan-kegagalan kita. Sudah tentu, kita harus mampu melakukan hal yang sama kepada orang lain. Tentu saja, toleransi menurut Alkitab memiliki batasan-batasan: kita tidak boleh maklum terhadap dosa atau kesalahan atau perilaku tidak bermoral. Namun, jika diterapkan dengan tepat, toleransi mendatangkan damai dari Allah.


Jadilah Pribadi Yang Bertoleransi Untuk Mendatangkan Damai Allah



Baca Rekomendasi Terkait Lainnya

Baca Rekomendasi Kategori Lain

Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta ©