Renungan Harian: Selasa, 17 November 2020 - Perbedaan - Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta

Tuesday, November 17, 2020

Renungan Harian: Selasa, 17 November 2020 - Perbedaan

Renungan Harian: Selasa, 17 November 2020 - Perbedaan
Renungan Harian: Selasa, 17 November 2020 - Perbedaan


SELASA, 17 NOVEMBER 2020

PERBEDAAN

Bacaan Alkitab : Roma 15:1-7

Relasi antara Nia dan Reta terus berada di situasi panas. Walaupun mereka berada di satu divisi perusahaan mereka kerap berselisih. Ketika menghadapi situasi tertentu, Nia berharap Reta bisa bereaksi dengan cara tertentu, yang ternyata tidak terjadi. Begitu pun sebaliknya Reta kerap kali merasa kecewa dengan tindakan dan respon Nia yang tidak sesuai dengan ekspektasinya. Ekspektasi demi ekspektasi yang tak terpenuhi membuat frustrasi. 

Jemaat di kota Roma terancam kerukunannya akibat perselisihan berkepanjangan antara dua kelompok. Atas kasus makanan yang dipersembahkan pada berhala, masing-masing kelompok menantikan reaksi yang diharapkan. Dan, ketika hasilnya lain, mereka saling menyerang. Yang sini menghakimi, sedang yang sana menghina (Rm. 14:10). Sebenarnya, kalau masing-masing mampu bertanggung jawab kepada Tuhan (Rm. 14:6-8), setiap pihak layak bereaksi dengan caranya sendiri. Beralaskan sikap Kristus kepada kita, Paulus menasihatkan supaya mereka lebih saling menerima daripada saling menyerang (ay. 7). Barulah kerukunan akan tercipta (ay. 5). 

Tanpa disadari kita sering berharap orang lain bereaksi tepat seperti yang kita kehendaki. Padahal, ada banyak faktor yang menentukan kenapa ia bereaksi begitu. Tipe kepribadian. Pandangan. Kebiasaan. Keyakinan. Pengalamannya. Pengasuhan dan pendidikan yang diterima. Bahkan menurut temuan ilmiah mutakhir tentang otak manusia, setiap orang bereaksi berbeda akibat struktur dan cara kerja otak yang memang tidak sama. Jadi, kenapa kita harus memaksakan apa yang memang diciptakan Tuhan berbeda? Belajarlah untuk menerima perbedaan dengan sikap yang bertoleransi.


Ada Saatnya Ketika Perbedaan Tak Dapat Disatukan
Yang Harus Kita Lakukan Adalah Saling Menerima Perbedaan Itu

Baca Rekomendasi Terkait Lainnya

Baca Rekomendasi Kategori Lain

Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta ©