Renungan Harian: Sabtu, 21 November 2020 - Terbuka Terhadap Perbedaan - Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta

Saturday, November 21, 2020

Renungan Harian: Sabtu, 21 November 2020 - Terbuka Terhadap Perbedaan

Renungan Harian: Sabtu, 21 November 2020 - Terbuka Terhadap Perbedaan
Renungan Harian: Sabtu, 21 November 2020 - Terbuka Terhadap Perbedaan


SABTU, 21 NOVEMBER 2020

TERBUKA TERHADAP PERBEDAAN

Bacaan Alkitab : Markus 9:38-41

“Kamu suka makan pedes, wahhh…kita sama ya” Mungkin kita pernah mendengar perkataan itu atau bahkan kita sendiri pernah mengucapkannya. Frasa di atas menunjukkan kebiasaan kita yaitu kecenderungan merasa nyaman dengan orang-orang yang sama dengan kita. Hal itu tidak salah, asal kita terjebak dalam sikap eksklusif yaitu hanya ingin menerima orang yang memiliki kesamaan dengan kita.

Lewat Injil pada hari ini, Yesus mengajak kita untuk menjadi pribadi yang memiliki keterbukaan dan menunjukkan sikap toleransi terhadap golongan yang berbeda. Kita dituntut untuk tidak memandang rendah dan menaruh prasangka buruk atas perbuatan yang dilakukan oleh kelompok lain yang mungkin berbeda aliran dengan kita. Dari pada kita bertikai satu sama lain, alangkah baiknya bila kita menggalang persatuan dan bekerja sama untuk menebarkan kebaikan sehingga tercipta kehidupan yang rukun, aman, tentram dan damai di antara umat beragama.

Ubahlah sikap kita yang picik, tinggalkan sikap diskriminatif dan dengan rendah hati bersedia untuk belajar saling menghormati dan menghargai keberagaman yang ada. Mari bersandar kepada-Nya agar kita dimampukan untuk bertumbuh dalam kasih-Nya, karena hanya dengan kasih kita dapat menerima perbedaan.


Perbedaan Memperkaya, Penerimaan Memperata

Baca Rekomendasi Terkait Lainnya

Baca Rekomendasi Kategori Lain

Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta ©