Renungan Harian: Rabu, 4 November 2020 - Menolong Sesama

Renungan Harian: Rabu, 4 November 2020 - Menolong Sesama


RABU, 4 NOVEMBER 2020

MENOLONG SESAMA

Bacaan Alkitab : Roma 12:9-21

Kapal Carpathia berada 93 kilometer dari Kapal Titanic ketika menerima sinyal SOS (tanda meminta bantuan) dari kapal pesiar yang mengalami musibah itu. Kapten Arthur langsung mengupayakan pertolongan. Mereka tiba di lokasi musibah empat jam kemudian, dan sempat menyelamatkan 705 orang sebelum “Titanic” akhirnya tenggelam. Kapal yang sama juga menerima sinyal “SOS” dari Titanic, yaitu kapal Kapal Californian yang hanya berjarak 30 kilometer dari “Titanic”. Seandainya Kapal Californian segera datang, pastilah lebih banyak penumpang terselamatkan. Tetapi, Kapten Stanley mengabaikan sinyal SOS itu. Ketika kapal Californian akhirnya mendekati lokasi musibah, semua sudah terlambat.

Firman Tuhan mengajarkan setiap orang percaya untuk menunjukkan kasih dan kepedulian kepada mereka yang membutuhkan. Kasih itu tidak hanya di mulut tapi juga dinyatakan dalam tindakan. Kehadiran orang percaya harus memberikan dampak positif, yang membangun dan memberkati. Apakah kita sudah mewujudkannya dalam keseharian kita? 

Ketika stok darah di PMI kosong, apa respons kita: menjadi donorkah, atau mengabaikannya? Ketika anak-anak remaja dan pemuda dikepung oleh pornografi, narkoba, dll., pedulikah kita kepada mereka? Ketika kemajemukan membutuhkan perekat yang mempersatukan, toleransikah yang kita bangun, atau penolakan terhadap semua yang berbeda dengan kita?

Kita bisa bersikap seperti Stanley Lord: mengabaikan kewajiban moral yang kita jumpai. Atau, kita bisa memilih bersikap seperti Arthur Rostron: memberikan diri untuk memenuhi kewajiban moral yang datang menjumpai. 


Kita Dipanggil Untuk Membuka Hati Bagi Sinyal-Sinyal Kewajiban Moral
Yang Mengundang Untuk Dipenuhi, Dan Ikhlas Berjuang Merealisasikannya


0 Komentar