Renungan Harian: Jumat, 20 November 2020 - Gesekan

Renungan Harian: Jumat, 20 November 2020 - Gesekan


JUMAT, 20 NOVEMBER 2020

GESEKAN

Bacaan Alkitab : Kisah Para Rasul 6:1-7

Dalam sebuah komunitas, pertambahan anggota baru tentu memberi sukacita tersendiri karena itu menjadi wujud pertumbuhan. Namun pertumbuhan itu memunculkan tantangan tersendiri. Anggota yang lama harus belajar untuk menyambut para pendatang dengan baik, sementara para pendatang perlu menyesuaikan diri dengan budaya, bahasa dan tata cara yang baru. Segala perubahan itu dapat menimbulkan kecanggungan.

Di mana pun manusia berinteraksi, kesalahpahaman dan perbedaan pendapat dapat terjadi, tak terkecuali di gereja. Jika kita tidak menangani perbedaan-perbedaan kita dengan cara yang sehat, keadaan dapat menjadi semakin tegang hingga terjadilah perpecahan.

Gereja mula-mula di Yerusalem sedang berkembang ketika perselisihan muncul karena gesekan-gesekan budaya. Orang Yahudi yang berbahasa Yunani (kaum Helenis) mengeluhkan sikap orang Yahudi yang berbahasa Aram. Para janda dari kaum Helenis “diabaikan dalam pelayanan sehari-hari” (Kis. 6:1). Oleh karena itu, para rasul berkata, “Pilihlah tujuh orang dari antaramu, yang terkenal baik, dan yang penuh Roh dan hikmat, supaya kami mengangkat mereka untuk tugas itu” (ay.3). Tujuh orang yang kemudian terpilih memiliki nama Yunani (ay.5). Dengan kata lain, mereka berasal dari kaum Helenis, yakni anggota dari kelompok yang terabaikan. Merekalah yang paling mengerti masalahnya. Para rasul mendoakan dan menumpangkan tangan di atas mereka, lalu gereja pun semakin berkembang (ay.6-7).

Pertumbuhan memang membawa tantangan, sebagian disebabkan karena meningkatnya interaksi di antara orang-orang yang berbeda budaya dan kebiasaan. Namun dengan meminta tuntunan Roh Kudus, kita akan menemukan solusi-solusi kreatif sehingga hal-hal yang awalnya berpotensi menjadi masalah diubah menjadi kesempatan untuk semakin bertumbuh. Itu dimulai dengan sikap hati yang mau bertoleransi dan menerima perbedaan yang ada. 


Apa Yang Dimulai Dengan Kebersamaan, Dipertahankan Sebagai Kemajuan, 
Dan Dikerjakan Bersama Hingga Mencapai Kesuksesan.

0 Komentar