Renungan Harian: Kamis, 1 Oktober 2020 - Keramahan dari Hati

Renungan Harian: Kamis, 1 Oktober 2020 - Keramahan dari Hati


KAMIS, 1 OKTOBER 2020

KERAMAHAN DARI HATI

Bacaan Alkitab: Titus 3:1-7

Banyak bangsa mengedepankan keramahan sebagai nilai lebihnya di mata bangsa lain. Bangsa kita pun demikian. Namun, kadangkala upaya ini membuat keramahan tak lagi muncul dari hati. Misalnya saja, saat kita mengunjungi bank, kita menerima sapaan pegawai atau pun petugas keamanannya. Kata-kata sapaannya tertata dan seragam, tetapi tanpa rasa dan tak kontak dengan yang disapa. Mimik wajah dan bahasa tubuh terlihat tak alamiah. Hasil latihan. Sebaliknya, sekalipun mungkin bukan dengan bahasa “Sekolahan”, di toko-toko kelontong kecil ataupun di pasar, kita sering lebih merasa hangat disambut. Keramahan yang muncul karena tugas atau dari hati, dapat dirasakan bedanya.

Paulus berpesan melalui Titus agar jemaat, pengikut Yesus, selalu ramah terhadap semua orang. Berlaku ramah bukan hanya kepada sesama pengikut Yesus, melainkan juga kepada semua orang, kepada mereka yang berlaku baik terhadap jemaat maupun yang tak menyukai jemaat. Mengapa? Paulus mengingatkan, bahwa kita diselamatkan juga bukan karena perbuatan baik kita (ayat 4-5). Semuanya adalah anugerah Tuhan. Anugerah itulah yang kita teruskan kepada sesama melalui sikap yang ramah.

Keramahan bagi sebagian orang butuh pembiasaan. Dalam keseharian kita, bagaimanakah kita menunjukkan keramahan kepada kerabat, handai taulan, tetangga, anak didik atau pun rekan sejawat kita, bahkan mereka yang belum mengenal Kristus? Mintalah Roh Kudus menolong kita untuk bersikap ramah sehingga mereka bisa melihat kasih Tuhan yang meluap dari hati Anda.


Nyatakanlah keramahan dalam kata-kata
yang meluap dari hati yang penuh kasih kristus.

0 Komentar