Renungan Harian: Sabtu, 5 September 2020 - Berbeda Pendapat dengan Kasih

Renungan Harian: Sabtu, 5 September 2020 - Berbeda Pendapat dengan Kasih


SABTU, 5 SEPTEMBER 2020

BERBEDA PENDAPAT DENGAN KASIH

Bacaan Alkitab: Efesus 4:1-6

Ketika perdebatan sengit pecah menyusul diberlakukannya suatu undang-undang yang kontroversial di Singapura, umat Tuhan pun terbelah dua. Pihak yang satu menyebut pihak lawannya “berpikiran sempit” atau sebaliknya, mengkompromikan iman. Kontroversi dapat menyebabkan perpecahan tajam dalam keluarga Allah, menyebabkan sakit hati, dan membuat banyak orang kecewa. Saya pernah merasa direndahkan karena cara saya menerapkan ajaran Alkitab yang saya yakini. Saya pun juga pernah bersalah karena mengkritik orang lain yang tidak sependapat dengan saya.

Saya bertanya-tanya apakah mungkin sumber masalahnya bukan terletak pada pandangan kita atau cara kita mengungkapkannya, tetapi pada sikap hati kita ketika kita melakukannya. Apakah kita sekadar tidak sependapat atau sebenarnya kita ingin menjatuhkan orang yang berbeda pendapat dengan kita?

Meski demikian, adakalanya kita perlu meluruskan pengajaran palsu atau menjelaskan posisi kita. Efesus 4:2-6 mengingatkan kita untuk melakukannya dengan rendah hati, lemah lembut, sabar, dan penuh kasih. Lalu, di atas semuanya itu, kita perlu berusaha sekuat tenaga untuk “memelihara kesatuan Roh” (Ef. 4:3).

Tidak semua kontroversi akan tuntas. Namun, firman Allah mengingatkan bahwa tujuan kita haruslah untuk membangun iman, bukan menjatuhkan mereka (ay.29). Apakah kita menjatuhkan orang lain demi menang berdebat? Ataukah kita mengizinkan Allah menolong kita memahami kebenaran-Nya pada waktu dan cara-Nya, mengingat kita semua mempunyai satu iman kepada satu Tuhan? (ay.4-6). Bagaimana Anda dapat menjelaskan posisi Anda tentang isu-isu sensitif dengan rendah hati, lemah lembut, dan penuh kasih? Apa yang akan Anda doakan bagi mereka yang tidak sependapat dengan Anda?


Ya Allah, Tuntunlah Aku Agar Aku Menyampaikan Kebenaran
Dengan Kasih Dalam Tujuan Untuk Membangun,
Bukan Menjatuhkan, Sesama Kami.


0 Komentar