Renungan Harian: Rabu, 23 September 2020 - Kepentingan Orang Lain

Renungan Harian: Rabu, 23 September 2020 - Kepentingan Orang Lain


RABU, 23 SEPTEMBER 2020

KEPENTINGAN ORANG LAIN

Bacaan Alkitab: Filipi 2:1-11

Teman saya, Jamie, bekerja di perusahaan raksasa internasional. Di awal masa kerjanya, seseorang menghampiri meja kerjanya, memulai percakapan, dan bertanya kepada Jamie tentang pekerjaan yang dilakukannya. Setelah menjelaskan pekerjaannya kepada orang itu, Jamie menanyakan identitas orang itu. “Nama saya Rich,” jawabnya.

“Senang berkenalan dengan Anda,” jawab Jamie. “Dan apa yang Anda kerjakan di sini?”

“Oh, saya pemilik perusahaan ini.” Jamie tiba-tiba menyadari bahwa percakapan mereka yang santai dan sederhana itu merupakan awal perkenalannya dengan salah satu orang terkaya di dunia.

Di masa sekarang ketika orang-orang cenderung menyanjung dan memuji “diri sendiri”, kisah sederhana itu dapat menjadi pengingat terhadap perkataan Paulus yang penting di kitab Filipi: “Hendaklah kamu . . . tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia” (ay. 2:2-3). Manusia yang memberikan perhatian kepada orang lain, dan bukan kepada dirinya sendiri, memiliki sifat-sifat yang dikatakan Paulus.

Ketika “dengan rendah hati [kita] menganggap yang lain lebih utama dari pada diri [kita] sendiri,” kita menunjukkan sifat Kristus yang rendah hati. Kita mencerminkan Kristus yang datang “bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani” (Mrk. 10:45). Ketika kita “mengambil rupa seorang hamba”, kita memiliki pikiran Kristus Yesus. Ketika kita berinteraksi dengan orang lain, janganlah kita hanya melihat kepentingan diri sendiri tetapi “kepentingan orang lain juga”.


Layanilah Allah dengan melayani sesama

0 Komentar