Renungan Harian: Selasa, 4 Agustus 2020 - Berani Jujur - Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta

Tuesday, August 4, 2020

Renungan Harian: Selasa, 4 Agustus 2020 - Berani Jujur

Renungan Harian: Selasa, 4 Agustus 2020 - Berani Jujur
Renungan Harian: Sabtu, 1 Agustus 2020 - Hati yang Jujur


SELASA, 4 AGUSTUS 2020

BERANI JUJUR

Bacaan Alkitab: Amsal 16:1-13

Dalam hidup kita pasti pernah dihadapkan pada tawaran tentang cara yang cepat dan mudah untuk mencapai tujuan, termasuk dengan memanipulasi kebenaran, menurunkan standar kebenaran menjadi tidak terlalu penting. Sehingga kejujuran menjadi sesuatu yang langka, menjadi susah diperoleh karena seringkali tidak diprioritaskan dalam hubungan sesama manusia.

Memelihara sikap tidak jujur sama saja dengan membawa hidup kita pada perbudakan dosa. Mengorbankan kebenaran hanya untuk diterima dan dipandang baik di mata manusia adalah prinsip yang salah. Lagipula tidak ada yang bisa kita sembunyikan dari hadapan Tuhan, Ia dapat melihat jauh kedalam hati kita. Sementara bertahan dalam kejujuran berarti berani berjuang bersama Tuhan di jalur yang benar, berani berkata ya jika ya dan tidak jika tidak. Kadangkala bersikap jujur menjadi harga mahal yang harus kita bayar dan tidak jarang membawa kita pada keadaan kurang menyenangkan. Namun saat itu terjadi Tuhan akan selalu setia menyediakan pertolongan dan menjadi perisai dalam hidup kita.

Kejujuran adalah sebuah keharusan, tentu tidak mudah, tapi menuntun kita pada kebenaran dan keselamatan. Memulai kejujuran dari dalam hati akan membentuk perilaku yang jujur di hadapan manusia dan Tuhan. Kejujuran adalah pilihan terbaik yang harus kita ambil, karena itu adalah dasar yang kuat saat kita mulai membangun suatu hubungan yang sehat dan mempertahankannya. Kejujuran adalah kunci kepercayaan orang lain pada apa yang kita katakan dan lakukan. Orang-orang akan lebih menghargai sikap dan perkataan kita kalau sikap jujur terus kita tanamkan dalam kehidupan sehari-hari. Berpeganglah pada firman Tuhan dan berjuanglah dalam kejujuran, sampai Tuhan mendatangkan kemenangan besar bagi orang-orang yang lurus jalannya.


Bibir yang benar dikenan raja, dan orang yang berbicara jujur dikasihi-Nya


Baca Rekomendasi Terkait Lainnya

Baca Rekomendasi Kategori Lain

Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta ©