Renungan Harian: Kamis, 6 Agustus 2020 - Jujur Kepada Allah - Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta

Thursday, August 6, 2020

Renungan Harian: Kamis, 6 Agustus 2020 - Jujur Kepada Allah

Renungan Harian: Kamis, 6 Agustus 2020 - Jujur Kepada Allah
Renungan Harian: Kamis, 6 Agustus 2020 - Jujur Kepada Allah


KAMIS, 6 AGUSTUS 2020

JUJUR KEPADA ALLAH

Bacaan Alkitab: Yesaya 1:12-18

Cucu saya yang berusia tiga tahun mengawali harinya dengan uring-uringan. Ia tidak bisa menemukan kaus kesayangannya. Sepatu yang ingin dipakainya terlalu panas. Ia jengkel dan marah-marah kepada neneknya, lalu duduk dan menangis. “Mengapa kamu marah-marah begitu tadi?” tanya saya. Kami mengobrol selama beberapa saat dan setelah ia tenang, saya bertanya dengan lembut, “Baikkah sikap kamu kepada Nenek tadi?” Ia diam dan menunduk, lalu menjawab, “Aku jahat kepada Nenek. Aku minta maaf.” Luluh hati saya. Ia tidak menyangkali perbuatannya dan bersikap jujur. Kemudian kami berdoa, memohon agar Tuhan Yesus mengampuni kesalahan kami dan menolong kami bersikap lebih baik.

Dalam Yesaya 1, Allah menegur umat-Nya karena kesalahan dan kejahatan yang telah mereka perbuat. Suap dan ketidakadilan merajalela di pengadilan. Anak-anak yatim piatu dan janda-janda diperalat demi mendapatkan keuntungan materi. Namun, pada saat seperti itu pun Allah memberi tanggapan yang penuh belas kasihan, dengan meminta orang-orang Yehuda mengakui apa yang telah mereka lakukan dan berbalik dari dosa-dosa mereka: “Marilah, baiklah kita berperkara! —firman Tuhan—Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju” (Yes. 1:18).

Allah rindu kita terbuka di hadapan-Nya tentang dosa-dosa kita. Dia menyikapi kejujuran dan pertobatan kita dengan pengampunan yang indah: “Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan” (1Yoh. 1:9). Karena Allah kita penuh belas kasihan, awal yang baru pun menanti kita! Dosa-dosa apa yang belum Anda akui di hadapan Allah? Apa yang menghalangi Anda untuk mengakui semua itu kepada-Nya?


Abba, Bapa, tolonglah aku berpaling dari dosa dalam hidupku
dan memulai awal yang baru dengan-Mu hari ini


Baca Rekomendasi Terkait Lainnya

Baca Rekomendasi Kategori Lain

Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta ©