Renungan Harian: Kamis, 21 Mei 2020 - Penuh Perhatian pada Tuhan - Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta -->

Thursday, May 21, 2020

Renungan Harian: Kamis, 21 Mei 2020 - Penuh Perhatian pada Tuhan

Renungan Harian: Kamis, 21 Mei 2020 - Penuh Perhatian pada Tuhan
Renungan Harian: Kamis, 21 Mei 2020 - Penuh Perhatian pada Tuhan

Kamis, 21 Mei 2020

Penuh Perhatian pada Tuhan

Bacaan Alkitab: Hakim-hakim 6: 25–26

Menurut penglihatan kita, mana yang lebih besar: tangan kita atau bulan yang ada jauh di luar sana? Sebagian besar dari kita mungkin akan menjawab bulan di malam hari jauh lebih besar! Bisa jadi. Namun, jawaban pertanyaan itu bergantung pada fokus mata kita! Jika fokus kita adalah tangan yang kita tempatkan di depan mata kita, maka tangan kitalah yang jauh lebih besar ketimbang bulan. Demikian pula sebaliknya. Semuanya bergantung pada fokus! Firman Tuhan kepada Gideon dalam ayat renungan ini menunjukkan bahwa fokus utama yang harus dikerjakan oleh Gideon adalah memulihkan relasi antara bangsa Israel dengan Tuhan, bukan mengalahkan bangsa Midian. 

Bagi Allah, mengalahkan Midian dan memulihkan Israel dari kemelaratan bukan perkara utama. Yang jauh lebih utama adalah Allah dan umat Israel sebagai mitra perjanjian-Nya kembali berelasi. Karena itu, tugas utama dan pertama yang diberikan Tuhan kepada Gideon bukanlah mengalahkan Midian ataupun memulihkan situasi Israel, namun menyingkirkan penyembahan Baal, allah orang Amori. 

Ada banyak hal di sekitar kita bahkan berbagai tugas yang seringkali menggeser tempat Tuhan sebagai yang utama dan terutama di dalam hidup. Ada banyak ilah yang sudah menggeser fokus kita dari relasi kita dengan Tuhan. Ketika pergumulan datang, kita berfokus pada pergumulan itu sendiri, dan tidak berfokus pada apa yang Tuhan kerjakan atas pergumulan. Kita terlalu sibuk mengerjakan tugas kita sendiri ketimbang memilih duduk dekat kaki Tuhan, mencari apa yang menjadi isi hati-Nya. Pergumulan bahkan kesibukan terlihat besar dan Tuhan terlihat kecil sebab kita salah berfokus! Karena itu, dalam berbagai situasi, berikan perhatian penuh kepada Dia untuk menjadi yang terutama dan yang utama, itulah fokus panggilan yang senantiasa Dia rindukan dalam hidup kita. 


Tidak Ada Satupun Hal Yang Boleh Menggeser 
Perhatian Utama Kita Dari Tuhan.


Baca Rekomendasi Terkait Lainnya

Baca Rekomendasi Kategori Lain

Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta ©