Renungan Harian: Rabu, 15 April 2020 - Berani untuk Melangkah - Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta

Wednesday, April 15, 2020

Renungan Harian: Rabu, 15 April 2020 - Berani untuk Melangkah

Renungan Harian: Rabu, 15 April 2020 - Berani untuk Melangkah
Renungan Harian: Rabu, 15 April 2020 - Berani untuk Melangkah

Rabu, 15 April 2020

Berani untuk Melangkah

Bacaan Alkitab: Yosua 1:3-6

Hari ini saya ingat ketika saya mulai belajar berenang di masa kecil dahulu. Ada beberapa teman pada waktu itu yang sama-sama les berenang tapi mereka takut masuk ke dalam kolam. Semua orang ingin sukses, tapi hanya sedikit yang berani melangkah. Butuh waktu buat sang pelatih agar mereka berani menjejakkan kaki ke kolam yang agak dalam. Mereka takut tenggelam, karena kaki mereka tidak bisa menjejak dasar kolam. Dan jika demikian, bagaimana mungkin mereka bisa berhasil dalam belajar berenang? 

Jika ilustrasi ini kita aplikasikan dalam kehidupan kita, maka banyak orang yang juga bersikap demikian. Mereka ingin sukses tapi takut melangkah. Bagaimana bisa sukses kalau kita tidak mulai melakukan sesuatu? Lucunya, mereka menggantungkan semua itu pada keadaan, yang ujung-ujungnya menyalahkan Tuhan. Padahal merekalah yang tidak berani melangkah. Mereka mengira bahwa keberhasilan itu bagai durian yang jatuh dari langit. Tuhan memang bisa melakukan itu, tapi itu tidak akan membawa kebaikan bagi kita karena akan menjadikan kita pribadi-pribadi yang malas dan manja. 

Dalam begitu banyak kesempatan kita bisa melihat bahwa Tuhan lebih suka memberkati kita lewat usaha yang kita lakukan ketimbang memberikan segalanya secara instan. Artinya, kita harus berani mengambil langkah yang tentu saja harus diselaraskan dengan keinginan Tuhan atas diri kita atau panggilan kita masing-masing. Dan disanalah berkat Tuhan akan tercurah dan membuat segala yang anda kerjakan berhasil. Akan hal ini kita bisa belajar dari Yosua. Kita mengenal Yosua sebagai hamba Musa yang setia, yang selalu mengikuti Musa kemanapun ia pergi. Ketika pada Musa meninggal, Yosua pun diangkat Tuhan untuk menggantikan Musa memimpin bangsa Israel menuju Kanaan yang dikatakan berlimpah susu dan madunya. 


Tanpa Kemauan Dan Keberanian Melangkah, 
Kita Tidak Akan Bisa Mendapat Apa-Apa Dari Tuhan.


Baca Rekomendasi Terkait Lainnya

Baca Rekomendasi Kategori Lain

Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta ©