Renungan Harian: Rabu, 18 Maret 2020 - Rajin Berbuat Baik sebagai Praktik Iman - Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta

Wednesday, March 18, 2020

Renungan Harian: Rabu, 18 Maret 2020 - Rajin Berbuat Baik sebagai Praktik Iman

Renungan Harian: Rabu, 18 Maret 2020 - Rajin Berbuat Baik sebagai Praktik Iman
Renungan Harian: Rabu, 18 Maret 2020 - Rajin Berbuat Baik sebagai Praktik Iman

Rabu, 18 Maret 2020

Rajin Berbuat Baik sebagai Praktik Iman

Bacaan Alkitab: Yakobus 2:14-20

Orang Kristen berbuat baik sebagai bukti iman percaya kepada Tuhan. Yakobus 2:17 “Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.” Yakobus 2:26, “Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati.” Saudara, kita diselamatkan karena iman. Tapi dengar baik, iman itu adalah sesuatu yang tidak kelihatan. Iman itu sifatnya abstrak, tidak terlihat, tapi iman itu bisa terlihat lewat perbuatan kita. Berarti saya berbuat baik bukan untuk diselamatkan. Kita diselamatkan karena beriman, dan kita berbuat baik karena kita diselamatkan.

Ada seseorang sakit, kemudian dia minum obat, setelah itu sembuh. Setelah sembuh, dia berolah raga. Orang sakit ini sembuh karena apa? Karena olah raga atau minum obat? Tentu karena minum obat. Dan buktinya dia sudah sembuh, dia berolahraga. Kalau sudah sembuh, tapi loyo, itu namanya ngaku-ngaku sembuh. Orang yang berdosa, setelah beriman kepada Tuhan Yesus, bertobat, otomatis dia diselamatkan. Lalu dia berbuat baik. Apa yang membuat dia diselamatkan? Berbuat baiknya atau bertobatnya? Tentu bertobatnya. Kalau ada orang bilang saya sudah selamat, tapi perbuatannya masih amburadul, masih tipu sana sini, bohong sana sini, itu namanya omong kosong. Iman yang kosong. 

Iman tanpa perbuatan adalah mati. Kalau ada yang berkata saya sudah selamat, mati pasti masuk sorga, tapi hidupnya teler mabuk-mabukan terus, itu adalah iman yang kosong. Iman tanpa perbuatan adalah mati. Jadi. Bukti bahwa Saudara dan saya adalah orang Kristen. Jangan ngaku orang Kristen kalau belum bisa berbuat baik. Inilah alasan, sebagai bukti kita percaya kepada Tuhan Yesus. Berarti kita adalah anak-anak Allah yang mewarisi janji-janji Allah.


Rajin Berbuat Baik Adalah Bukti Bahwa Kita Beriman Kepada Tuhan Yesus.


Baca Rekomendasi Terkait Lainnya

Baca Rekomendasi Kategori Lain

Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta ©