Renungan Harian: Senin, 3 Februari 2020 - Terlalu Sibuk? Berdoalah!

Renungan Harian: Senin, 3 Februari 2020 - Terlalu Sibuk? Berdoalah!

Senin, 3 Februari 2020

Terlalu Sibuk? Berdoalah!

Bacaan Alkitab: Markus 1:35-39

Saat libur sekolah tiba, seorang ibu memberi tugas kepada anaknya yang masih kelas 2 SD untuk membantunya menerima telepon. Saat telepon berdering dan ibunya sibuk menjawab telepon lain, anak itu mengangkatnya dan berkata: ”te to te tooott … telepon yang Anda tuju sedang sibuk, silakan coba beberapa saat lagi.”

Coba bayangkan, jika ketika kita berdoa, terdengar jawaban seperti yang anak tadi sampaikan. Namun bersyukur, Tuhan yang kita sembah bukanlah Tuhan yang terlalu sibuk mendengar doa. Justru padatnya jadwal sering membuat kita merasa tak ada waktu sekadar berkomunikasi dengan-Nya. Ayat hari ini mengingatkan kita, bahwa di tengah pelayanan yang padat (Mrk. 1:1-34), Yesus menggunakan kesempatan untuk berdoa sebelum memulai pekerjaaan-Nya (ay. 35). Mengapa Yesus harus berdoa? Melalui doa, Yesus menyatakan dua hal. Pertama, relasi-Nya dengan Allah sangat intim. Sepenat apa pun, kebersamaan dengan sang Bapa tidak hendak Dia lewatkan. Kedua, Yesus menyatakan relasi-Nya dengan Bapa adalah hal yang mendasari semua pelayanan-Nya di bumi. Sebagai manusia, Dia bergantung penuh pada Allah. Kehadiran dan kuasa Allah itulah yang Dia nyatakan ketika menyelesaikan berbagai masalah, memenuhi kebutuhan pelayanan, dan mengubah keadaan sekitar.

Bagaimana kehidupan doa kita? Apakah kesibukan dan padatnya jadwal kegiatan kerap menjadi alasan untuk tak berdoa sungguh-sungguh? Sebagaimana lampu memerlukan kabel sebagai sarana penghubung dengan sumber listrik agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya, demikian pula manusia memerlukan doa sebagai sarana penghubung dengan Sang Sumber hidup, sehingga kita bisa hidup selaras dengan kehendak-Nya. Mulailah keteraturan hidup dengan teratur dalam jadwal doa kita.


Kalau Kita Bekerja, Kita Yang Bekerja
Tetapi Kalau Kita Berdoa, Tuhanlah Yang Bekerja


0 Komentar