Renungan Harian: Sabtu, 22 Februari 2020 - Keteraturan dalam Ibadah

Renungan Harian: Sabtu, 22 Februari 2020 - Keteraturan dalam Ibadah

Sabtu, 22 Februari 2020

Keteraturan dalam Ibadah

Bacaan Alkitab: 1 Korintus 14:26-40

Rasul Paulus menekankan kepada jemaat Korintus untuk memperhatikan ketertiban di dalam beribadah. Karena kala itu jemaat Korintus sedang menghadapi masalah-masalah khusus mengenai kekacauan dalam pertemuan jemaat (17-23). Kali ini ia lebih tegas mengatur ibadah berkaitan dengan penggunaan karunia roh yang kerap keliru di antara anggota jemaat. Mereka memakai karunia-karunia roh untuk menyenangkan diri dan kesombongan pribadi. Semua karunia roh dan aktivitas dalam pertemuan jemaat harus dipergunakan untuk membangun (26). 

Orang yang dipenuhi Roh Kudus bisa mengontrol dirinya ¬ bukan asyik sendiri. Ia lebih mementingkan orang lain, karena itulah hakikat kasih, sehingga pertemuan ibadah tidak kacau (40). Paulus sama sekali tidak melarang seseorang memiliki dan menggunakan karunia roh yang ada padanya (39). Ia mengaturnya agar tepat digunakan bagi kepentingan membangun jemaat. Sebab tujuan karunia Roh ialah untuk membangun jemaat. Karena itu pemakaian karunia-karunia dalam pertemuan ibadah harus berlangsung secara teratur. Pertemuan jemaat harus dilangsungkan dengan sopan dan teratur dan dengan motivasi yang baik serta untuk kepuasan rohani bersama. 

Kita dapat belajar dari apa yang rasul Paulus kemukakan, yaitu kita harus beribadah dengan sopan dan teratur di dalam gereja. Baik itu dengan liturgi yang tertulis atau pun tidak. Yang pasti ibadah kita haruslah sopan dan teratur sebagai wujud penghormatan kita pada Tuhan.


Tuhan Tidak Butuh Penghargaan Untuk Menjadi Pribadi Yang Berharga
Penghargaan Manusia Kepada-Nya Memang Sudah Seharusnya


0 Komentar