Renungan Harian: Jumat, 21 Februari 2020 - “Berbaring”

Renungan Harian: Jumat, 21 Februari 2020 - “Berbaring”

Jumat, 21 Februari 2020

“Berbaring”

Bacaan Alkitab: Keluaran 20:8-11

Anjing golden retriever kesayangan kami sering mengalami kejang-kejang akibat terlampau bersemangat. Untuk mencegah hal itu terjadi, kami berusaha menenangkannya. Kami akan membelai-belainya, lalu berbicara padanya dengan suara yang lembut, dan memerintahkannya untuk berbaring. Namun saat mendengar kata “berbaring”, anjing kami akan mengalihkan pandangan matanya dari kami dan mulai mengeluh. Akhirnya, sambil mengeluarkan bunyi lenguhan panjang, ia pun menyerah dan merebahkan tubuh ke lantai.

Terkadang kita juga perlu diingatkan untuk berbaring. Dari Mazmur 23, kita belajar bahwa Gembala kita yang Baik “membaringkan [kita] di padang yang berumput hijau” dan menuntun kita “ke air yang tenang.” Dia tahu kita perlu ketenangan dan peristirahatan yang diberikan semua itu, bahkan saat kita tak menyadari kebutuhan itu.

Tubuh kita dirancang untuk beristirahat secara teratur. Allah sendiri beristirahat pada hari ketujuh setelah karya penciptaan-Nya (Kej. 2:2-3; Kel. 20:9-11). Yesus tahu ada saatnya untuk melayani orang banyak dan ada saatnya untuk beristirahat. Dia mengajak para murid-Nya pergi “ke tempat yang sunyi, . . . dan ber-istirahatlah seketika!’’ (Mrk. 6:31). Ketika beristirahat, kita menyetel ulang fokus kita dan disegarkan. Ketika kita mengisi seluruh waktu kita dengan kegiatan demi kegiatan—bahkan kegiatan yang penting—Allah sering menarik perhatian kita dengan “membaringkan” diri kita.

Istirahat adalah suatu pemberian—pemberian yang baik dari Pencipta kita yang tahu persis apa yang kita butuhkan. Pujilah Tuhan karena Dia kadang-kadang “membaringkan [kita] di padang yang berumput hijau.”


Jika Tidak Mengambil Waktu Untuk Beristirahat Seketika, 
Kelak Kita Mungkin Akan Benar-Benar Ambruk!


0 Komentar