Renungan Harian: Selasa 3 Desember 2019 - Natal yang Sepi

Renungan Harian: Selasa 3 Desember 2019 - Natal yang Sepi

Selasa 3 Desember 2019

Natal yang Sepi

Bacaan Alkitab : Mazmur 25:14-22

Natal paling sepi yang pernah saya alami adalah ketika berada di pondok milik kakek saya di dekat Sakogu, wilayah utara Ghana. Saat itu, saya baru berusia lima belas tahun, sementara orangtua dan saudara-saudara saya tinggal seribu kilometer jauhnya. Tahun-tahun sebelumnya, ketika tinggal bersama mereka dan teman-teman sekampung, Natal selalu terasa ramai dan mengesankan. Namun, Natal kali ini begitu sunyi dan sepi. Sembari berbaring di atas tikar pada pagi harinya, saya teringat lagu daerah: Tahun telah berakhir; Natal telah tiba; Anak Allah lahir; damai dan sukacita bagi semua. Dengan sedih, saya menyanyikan lagu itu berulang-ulang.

Nenek saya datang dan bertanya, “Lagu apa itu?” Kakek dan nenek saya tidak tahu apa-apa tentang Natal, apalagi tentang Kristus. Jadi, saya pun menceritakan apa yang saya ketahui tentang Natal kepada mereka. Saat itulah kesepian saya terasa sirna. Bersama Yesus di hari Natal, kita takkan pernah sendirian.

Sendirian di padang, dengan hanya ditemani domba dan hewan liar yang sesekali muncul, Daud sang gembala muda mengalami kesepian. Bukan kali itu saja ia mengalaminya. Di kemudian hari, ia menulis, “Aku kesepian dan sengsara” (Mzm. 25:16 BIS). Namun, Daud tak membiarkan dirinya putus asa ditelan rasa sepi. Sebaliknya, ia bernyanyi: “Aku berharap kepada-Mu” (ay. 21 BIS). Dari waktu ke waktu, kita semua pasti mengalami kesepian. Di mana pun Anda berada pada Natal tahun ini, baik dalam kesepian maupun kehangatan, Kristus senantiasa menemani Anda.


Bersama Yesus Di Hari Natal, Kita Takkan Pernah Sendirian


0 Komentar