Renungan Harian: Selasa, 17 Desember 2019 - Christingle - Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta

Tuesday, December 17, 2019

Renungan Harian: Selasa, 17 Desember 2019 - Christingle

Renungan Harian: Selasa, 17 Desember 2019 - Christingle
Renungan Harian: Selasa, 17 Desember 2019 - Christingle

Selasa, 17 Desember 2019

Christingle

Bacaan Alkitab: 1 Yohanes 1:1-7


Di Republik Ceko dan di tempat-tempat lain, perayaan Natal melibatkan sesuatu yang disebut “Christingles.” Christingle merupakan sebuah jeruk yang melambangkan dunia dengan sebatang lilin yang ditempatkan di atasnya untuk melambangkan Kristus yang adalah Terang dunia. Pita merah pun dililitkan pada jeruk ini untuk melambangkan darah Yesus. Ada empat tusuk gigi dengan buah-buahan kering yang ditancapkan dengan menembus pita merah itu pada sisi-sisi dari jeruk tersebut, dan ini melambangkan segala buah yang ada di bumi. 

Objek yang sederhana ini secara jelas menyatakan maksud di balik kedatangan Kristus—Dia datang untuk membawa terang ke dalam dunia yang gelap dan untuk menebus dunia yang telah rusak oleh dosa lewat pencurahan darah-Nya. Dalam catatannya tentang kehidupan Kristus, Yohanes, sang murid, menyebut Yesus sebagai Terang dunia. Ia menulis demikian tentang Kristus: “Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia” (Yoh. 1:9). Tidak hanya Kristus adalah Sang Terang yang datang untuk menembus kegelapan dunia kita, Dia juga adalah “Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia!” (ay.29).

Renungkanlah! Bayi dari Betlehem itu kemudian menjadi Kristus yang bangkit dan hidup, yang telah membebaskan kita dari dosa. Maka Yohanes pun mendorong kita untuk “hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang” (1Yoh. 1:7). Kiranya semua orang yang telah mengalami penebusan-Nya menemukan kedamaian di dalam Yesus ketika mereka hidup dalam terang-Nya.


Bayi Kristus Yang Lahir Itu Datang 
Untuk Menjadi Terang Dunia Dan Anak Domba Allah


Baca Rekomendasi Terkait Lainnya

Baca Rekomendasi Kategori Lain

Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta ©