Renungan Harian: Jumat, 15 November 2019 - Syukur Kepada Allah

Renungan Harian: Jumat, 15 November 2019 - Syukur Kepada Allah

Jumat, 15 November 2019

Syukur Kepada Allah

Bacaan Alkitab: 1 Tawarikh 17:23-27

Daud seorang yang memiliki hati yang berlimpah ucapan syukur dan pujian kepada Tuhan. Ketika ia mendengar firman Tuhan yang disampaikan oleh nabi Natan, Daud masuk ke dalam kemah dan ia duduk mengarahkan pandangannya kepada Tuhan, Allah. Daud merasakan kedekatan hubungan Tuhan dengan dirinya dan pada sederetan generasi selanjutnya. Bagi Daud, kelayakan dan kepercayaan Tuhan kepada dirinya dan keluarga membuat dia mengungkapkan syukur dan permohonan peneguhan Tuhan dan berkat Tuhan. Kemudian Daud mengungkapkan penghormatannya kepada Tuhan, satu-satunya Allah yang tak tertandingi. Tuhan yang melakukan perbuatan-perbuatan besar terhadap umat-Nya, Israel dengan dahsyat. Bahkan rencana kekal Tuhan pun diteguhkan atas dirinya sebagai bagian dari bangsa Israel.

Daud meminta dua permohonan kepada Tuhan, yakni: Pertama, Daud memohon janji Tuhan ini diteguhkan sebab Daud merasa tidak berdaya mengemban tugas akbar ini. Daud memohon Tuhan semesta alam, Tuhan yang akan menjadi pelindung agar rencana besar itu dapat terjadi dalam dirinya dan keturunannya. Kedua, Daud memohon Tuhan memberkatinya dan keluarganya supaya dapat tetap setia di hadapan Tuhan. Mengetahui rancangan Tuhan atas diri dan keluarga, Daud merasakan betapa kecil dirinya. Mendapatkan kepercayaan yang mulia, Daud mengungkapkan ketidakmampuan dirinya. Daud merendahkan diri di hadapan Tuhan dan berdoa dengan tulus, terbuka dan berserah. 

Saudara, doa Raja Daud ini perlu kita maknai dan imani setiap hari. Biarlah dalam doa kita terkandung penyerahan yang total kepada Allah pemelihara hidup kita. Melalui doa, biarlah kehendak-Nya dinyatakan atas diri kita. Maukah kita bersandar pada Allah dalam doa kita?


Pribadi Allah Dan Karya-Nya Meneguhkan 
Panggilan Pada Orang-Orang Pilihan-Nya

0 Komentar