Renungan Harian: Selasa, 20 Agustus 2019 - Adagio, Andante, Allegro

Renungan Harian: Selasa, 20 Agustus 2019 - Adagio, Andante, Allegro

Renungan Harian: Selasa, 20 Agustus 2019

Adagio, Andante, Allegro

Bacaan Alkitab: Pengkotbah 3:1-15

Adagio (lambat), andante (sedang), dan allegro (cepat) adalah tiga tempo dalam orkestra musik klasik. Musik klasik biasanya berdurasi 20-30 menit per judul, yang disebut simfoni. Dalam satu simfoni perubahan tempo bisa terjadi secara acak dan berkali-kali. Dari adagio ke andante, lalu ke allegro, atau sebaliknya. Oleh kepiawaian komposer dalam mengatur tempo, simfoni tersebut terdengar indah di telinga. Suatu ketika, dengan menggunakan gawai, iseng-iseng saya mengganti tempo salah satu simfoni menjadi lebih lambat dan lebih cepat. Hasilnya, simfoni itu jadi aneh dan sangat tidak enak didengar. 

Allah, Sang komposer mahaagung, juga menetapkan tempo atau waktu yang tepat untuk semua hal yang terjadi dalam kehidupan saya (ay. 1-15). Dari awal sampai akhir, bahkan sebelum saya lahir dan mengenal Dia, tergubah begitu indah. Namun, saya sering mengacaukan tempo Allah. Saya merusak simfoni-Nya. Saya melecehkan Allah karena merasa mampu membuat karya yang lebih baik dari karya- Nya. Saya tidak menyadari bahwa tempo atau waktu Allah itulah yang paling indah, dan tidak ada manusia yang dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir (ay. 11). 

Allah tidak pernah salah dalam menentukan tempo. Manusialah yang merusak tempo itu sehingga hidupnya tidak damai sejahtera. Maka, saya akan memohon bimbingan Allah agar tidak lagi merusak hasil karya-Nya. Kiranya ketika simfoni saya selesai dimainkan, Sang komposer tersenyum puas menyimak hasil karya-Nya.


Ujian Tersulit Dalam Hidup Adalah
Kesabaran Untuk Menunggu Waktu Yang Tepat

0 Komentar