Renungan Harian: Rabu, 28 Agustus 2019 - Tekanan Hidup

Renungan Harian: Rabu, 28 Agustus 2019 - Tekanan Hidup

Rabu, 28 Agustus 2019

Tekanan Hidup

Bacaan Alkitab : Yakobus 5:7-11

Saya pernah tinggal di rumah kayu yang lapuk sehingga dapat mendengar perkataan tetangga sebelah kiri kanan. Suatu kali nenek di rumah sebelah memarahi dan memaki cucunya cukup lama. Pencetus kemarahannya mungkin sepele bagi sebagian kita, namun tidak bagi mereka. Si cucu menumpahkan bedak nenek, padahal bedak itu terhitung barang mahal bagi keluarga yang hidup sangat pas-pasan itu.

Tekanan hidup kerap memantik kemarahan kita, bahkan kadang-kadang sampai meledak tak terkendali. Menghadapi tekanan hidup, kita cenderung bersungut-sungut dan menyalahkan orang lain. Yakobus menyebutnya sebagai dosa yang dapat mengundang hukuman. Menggerutu dan mempersalahkan pihak lain mungkin dapat sedikit meringankan perasaan. Namun, Tuhan menghendaki kita bersabar dan tekun. Penderitaan adalah bagian dari ujian iman. Yakobus mengingatkan bahwa Tuhan, Hakim Agung itu, sudah dekat. Kita bakal memetik hasil manis ketekunan kita sama seperti petani yang menantikan hasil tanamnya (ay. 7). Juga seperti Ayub yang memperoleh karunia berlimpah setelah melalui masa penderitaan (ay. 11). 

Apakah saat ini Anda sedang dihimpit oleh tekanan hidup? Anda lelah dan penat, seolah penderitaan Anda tidak pernah akan berakhir? Relasi Anda dengan keluarga, teman, dan rekan kerja pun semakin memburuk? Ingatkan diri Anda bahwa Tuhan itu penyayang dan penuh belas kasihan (ay. 11). Kesabaran Anda menghadapi tekanan pasti akan berbuah manis ketika Tuhan datang kembali dalam kemuliaan-Nya.


Tekanan Hidup Harus Dihadapi Dengan Sabar Dan Tekun.
Niscaya Kita Pun Beroleh Kebahagiaan Tak Terkira Bila Saatnya Tiba.

0 Komentar