3 Warna 1 Cita: Film Produksi SKKK Surakarta Bekerjasama dengan Kembang Gula

3 Warna 1 Cita: Film Produksi SKKK Surakarta Bekerjasama dengan Kembang Gula

Sekolah Kristen Kalam Kudus (SKKK) Surakarta bekerjasama dengan Komunitas Kembang Gula memproduksi sebuah film yang berjudul 3 Warna 1 Cita (3W1C). Film 3 Warna 1 Cita ini diciptakan sebagai sebuah persembahan untuk memperingati 90 tahun Sumpah Pemuda (1928-2018).

Sumpah Pemuda dimaknai sebagai sebuah visi tentang persatuan tanpa memandang perbedaan Suku, Ras dan Agama dalam sebuah kehidupan berbangsa. Dalam konteks kekinian, film ini dimaksudkan untuk menumbuhkan sikap toleran dan kedewasaan.

Pemeran utama dari film 3W1C ini adalah tiga siswa SMA yang diceritakan bersahabat baik sejak TK. Sekitar 150 siswa Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta mulai dari jenjang TK, SD, SMP, hingga SMA juga dilibatkan dalam film tersebut. Selain siswa Kalam Kudus Surakarta, film ini juga melibatkan beberapa alumni serta orang tua siswa.

Tempat pengambilan gambar untuk film 3W1C ini dilakukan di beberapa tempat di Kota Surakarta dan sekitarnya, seperti Kampung Sewu, tepi Bengawan Solo, Taman Bale Kambang, Museum Radya Pustaka, Ngarsopuro dan Bandara Adi Sumarmo. Tidak hanya kota Surakarta, pengambilan gambar juga dilakukan di beberapa kota lain, seperti Pontianak, Pekanbaru dan Timika.

Sinopsis:
Rita, Gabriela, dan Bambang bersahabat sejak kecil. Mereka selalu bersekolah di tempat yang sama mulai TK, SD, SMP hingga SMA. Kedekatan mereka berawal dari kegemaran pada hal yang sama: buku, film, dan makan. Namun kegiatan tersebut tidak lagi mereka lakukan setelah remaja. Kesibukan di sekolah dan tugas-tugas pelajaran membuat mereka tidak ada waktu untuk menjalankan hobi mereka. Mereka pun jarang bertemu karena kesibukan masing-masing. Konflik sederhana mulai muncul. Mereka merasa bosan dengan kehidupan keseharian yang datar. Suatu hari, mereka mendapat tugas bersama dari guru dalam Proyek Oktober. Untuk memperingati hari Sumpah Pemuda, mereka diminta untuk membuat karya yang bertemakan “Cinta Tanah Air”. Dalam mewujudkan karyanya, persahabatan dan kedewasaan mereka ditempa.

Produser Eksekutif: Riana Setiadi.
Produser: Fanny Chotimah, Agustian Tri Yuanto.
Sutradara/Naskah: Steve Pillar Setiabudi
Kamera: Angga Dennis, Agustian Tri Yuanto.
Astrada: Bani Nasution, Mada Aria.
Line Produser: Ricas CWU.
Sound: Sonkski Ekalya, Prima Tito.
Produser Musik: Ayu Mitha Radila.
Penata Musik: Moh. Doni Kurniawan.
Pencipta lagu: Leilani Hermiasih.
Koreografi: Dwi Surni Cahyaningsih, Muslimin Bagus Pranowo.

0 Komentar