Retret Guru-Karyawan SKKK Surakarta 2018 di Tawangmangu

Retret Guru-Karyawan SKKK Surakarta 2018 di Tawangmangu

Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta mengadakan kegiatan retret untuk Guru dan Karyawan dari berbagai jenjang dan departemen. Kegiatan ini diadakan selama 2 hari, yaitu hari Senin sampai Selasa, 11-12 Juni 2018 di River Hill, Karanganyar, Jawa Tengah.

Sebelum berangkat, Guru - Karyawan berkumpul terlebih dulu di SD Kristen Kalam Kudus Surakarta dan berangkat pukul 06.30 WIB. Sesampainya di River Hill, kegiatan retret Guru dan Karyawan SKKK Surakarta hari pertama pun dimulai.

Hari Pertama
Sesampainya di River Hills, Guru dan Karyawan mengikuti kegiatan pembuka retret Guru- Karyawan SKKK Surakarta. Bp. Pdt. Fri Suhandy, M.Min. sebagai pembicara saat itu membuka retret dengan menjelaskan secara singkat tentang tema retret yaitu “Mengenal Tuhan dan Memperkenalkan Tuhan” beserta dengan tujuan diadakannya retret ini. Kegiatan retret Guru- Karyawan SKKK Surakarta resmi dibuka dengan dilakukannya foto bersama.

Selanjutnya, Guru dan Karyawan SKKK Surakarta diajak untuk mengikuti Sesi pertama retret Guru-Karyawan SKKK Surakarta. Pdt. Wahyu Pramudya, M.Th. yang saat itu menjadi pembicara, menyampaikan Firman Tuhan dengan tema “Mengenal Tuhan Melalui Firman-Nya”. Setelah itu, diberi waktu untuk beristirahat dan makan siang.

Menjelang Sore, Guru dan Karyawan SKKK Surakarta mengikuti sesi kedua yang diberi tema “Mengenal Tuhan Melalui Doa” Pada sesi ini, Pdt. Wahyu Pramudya, M.Th. sebagai pembicara menyampaikan tentang beberapa jenis doa, salah satunya adalah Doa Bapa Kami.

Hari pun mulai malam, Guru dan Karyawan SKKK Surakarta mengikuti sesi ketiga yang diberi tema “Panggilan Hidupku”. Pada sesi terakhir hari pertama ini, Pdt. Wahyu Pramudya, M.Th. menyampaikan tentang kesiapan beserta tantangan-tantangan dalam melayani Tuhan di dunia pendidikan.

Malam semakin larut, tetapi kegiatan retret belum berakhir pada sesi ketiga. Guru dan Karyawan SKKK Surakarta diajak untuk mengikuti kegiatan Api Unggun dan Kebersamaan. Mereka mengikuti beberapa permainan yang memerlukan kekompakan diselingi dengan menyanyi bersama. Dinginnya udara di kaki gunung Lawu malam itu terhapus oleh hangatnya kebersamaan Guru dan Karyawan SKKK Surakarta.

Hari Kedua
Hari kedua retret Guru-Karyawan SKKK Surakarta diawali dengan saat teduh berkelompok. Saat teduh ini diambilkan dari I Timotius 4:1-16 tentang pentingnya menjaga kesehatan rohaninya sendiri sebelum menolong dan melayani orang lain.

Setelah menerima santapan rohani, Guru dan Karyawan SKKK Surakarta juga menerima santapan jasmani serta dilanjutkan dengan sesi keempat dengan tema “Memperkenalkan Tuhan dalam Hidup”. Sesi keempat ini sedikit berbeda dengan sesi lainnya, sesi ini dikemas dalam bentuk Kapita Selekta.

Kegiatan selanjutnya adalah kegiatan Outbond. Pada kegiatan outbond ini, Guru dan Karyawan dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 10-15 orang. Setiap kelompok berjalan menuju pos-pos yang sudah disiapkan oleh tim outbond. Pada masing-masing pos, sudah menunggu tim outbond dengan sebuah permainan yang mengharuskan setiap anggota kelompok untuk bekerja sama. Kegiatan outbond ini semakin menambah keakraban setiap anggota kelompok yang berasal dari berbagai jenjang dan departemen. Guru dan Karyawan diberi waktu untuk beristirahat dan makan siang sebelum mengikuti kegiatan selanjutnya.

Kegiatan selanjutnya adalah Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR). Kegiatan ini diselenggarakan untuk memperbaharui kerohanian dan iman Guru serta Karyawan SKKK Surakarta dalam pelayanannya di dunia pendidikan. Ibadah KKR ini dipimpin oleh Pdt. Titus Liem, S.Th.

Retret Guru dan Karyawan SKKK Surakarta sudah berada di penghujung kegiatan. Setelah beristirahat sembari menikmati snack, Guru dan Karyawan SKKK Surakarta mengikuti kegiatan Closing Ceremony. Pada kegiatan penutup ini, Pdt. Titus Liem, S.Th menekankan kembali tentang pentingnya pelayanan di dunia pendidikan. Sebagai pelayan di dunia pendidikan, sangat penting untuk membangun relasi dengan Tuhan dan membagikannya dengan siswa juga orang tua siswa. Retret hari terakhir ditutup dengan doa dilanjutkan dengan perjalanan pulang ke Solo.

0 Komentar