SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta Ajarkan Kepedulian Lewat Live In 2017 - Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta

Sabtu, 12 Agustus 2017

SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta Ajarkan Kepedulian Lewat Live In 2017

SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta Ajarkan Kepedulian Lewat Live In 2017
SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta Ajarkan Kepedulian Lewat Live In

SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta mengadakan kegiatan yang bertajuk Live In untuk siswa kelas 7 dan CP1. Kegiatan live in diadakan di daerah Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah. Kegiatan Live In dibagi menjadi dua gelombang, gelombang pertama diadakan selama dua hari, yaitu hari Jumat dan Sabtu (4-5 Agustus 2017), sedangkan gelombang kedua diadakan pada hari Jumat hingga Sabtu (11-12 Agustus 2017). Walaupun diadakan dua gelombang, tetapi inti dari kegiatan tetap sama.

Hari Pertama
Jumat pagi, siswa terlebih dahulu berkumpul di Hall SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta. Selanjutnya, siswa didampingi guru berangkat menuju Karangpandan dan sampai di sana pukul 09.15 WIB. Setibanya di lokasi kegiatan Live In, siswa menuju Wisma INRI. Di Wisma INRI, siswa kelas 7 dan CP1 diberikan waktu sejenak untuk beristirahat dan menikmati makanan dan teh hangat. Setelah beristirahat, siswa diajak untuk mengikuti Ibadah sebagai pembuka kegiatan Live In.
Siang hari, siswa diberi kesempatan untuk menikmati makan siang yang sudah disediakan. Setelah menikmati makan siang, siswa mengikuti session selanjutnya. Session selanjutnya dibawakan oleh Bp. Grace Son dari Departemen Kerohanian sebagai pembicara. Ia menyampaikan Firman Tuhan dengan tajuk “Kerja bagi Kristus, Berkarya bagi Sesama”.

Menjelang malam, siswa kelas 7 dan CP1 diajak bermain game yang mengajarkan kekompakan agar bisa bekerja sama dalam mengerjakan tugas yang diberikan saat kegiatan Live In.

Hari Kedua
Siswa kelas 7 dan CP1 memulai kegiatan dengan berolahraga pagi yang dipimpin oleh Bp. Aris. Sembari berolahraga, siswa juga diajak untuk memainkan beberapa permainan yang seru. Dinginnya udara pegunungan di pagi itu, terasa hangat oleh keceriaan siswa-siswi SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta.

Setelah olah raga pagi, siswa diberi kesempatan untuk membersihkan diri dan segera menuju rumah yang sudah ditunjuk untuk kegiatan Live In. Siswa pun sampai di rumah penduduk Karangpandan. Mereka berkenalan dengan penduduk sembari bercengkerama.

Siswa SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta segera membantu pekerjaan penduduk. Beberapa siswa menuju padang rumput tak jauh dari desa. Mereka membantu mencari rumput untuk pakan ternak. Siswa lain beserta guru pendamping terlihat memisahkan jagung dari bonggolnya.

Beberapa siswa laki-laki tampak menuju ke dapur dan membantu penduduk dalam menyiapkan makanan. Mereka membantu menggoreng Bakwan dan menggoreng ikan Lele. Tak mau kalah dengan siswa laki-laki, beberapa siswa perempuan ikut menggoreng Tempe.

Di lokasi berbeda, siswa perempuan membantu penduduk untuk memetik sayur di kebun tak jauh dari desa. Siswa laki-laki pun turut membantu penduduk untuk memasak air, sedangkan siswa lainnya mencuci piring dan peralatan dapur.

Tak jauh dari lokasi siswa memasak air, terlihat seorang siswa memotong kayu untuk perapian memasak. Sedangkan siswa lainnya tampak asyik memberi makan hewan ternak penduduk.

Tak terasa haripun sudah mulai sore, siswa kelas 7 dan CP1 kembali ke Wisma INRI. Di Wisma INRI, siswa kelas 7 dan CP1 mengikuti kegiatan penutupan Live In, kemudian naik bus dan kembali menuju SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta.

Dengan adanya kegiatan Live In ini diharapkan siswa bisa mengenal berbagai kegiatan baik kegiatan di rumah maupun saat bekerja di lingkungan penduduk Karangpandan. Selain itu juga diharapkan siswa kelas 7 dan CP1 SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta bisa belajar untuk hidup dalam kesederhanaan, berlaku ramah dan bertutur kata sopan, bekerja keras, serta berbagi dengan sesama.




Baca Rekomendasi Terkait Lainnya

Baca Rekomendasi Kategori Lain

© 2016 - | Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta