Siswa Baru SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta Ikuti Kegiatan MPLS - Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta

Rabu, 26 Juli 2017

Siswa Baru SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta Ikuti Kegiatan MPLS

Siswa Baru SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta Ikuti Kegiatan MPLS
Siswa Baru SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta Ikuti Kegiatan MPLS

Memasuki Tahun Pelajaran baru 2017/2018, SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta mengadakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk Siswa baru. MPLS merupakan sebuah kegiatan yang digunakan sebagai sarana untuk mengenalkan Siswa baru kepada lingkungan Sekolah, baik pengenalan terhadap guru, karyawan, lingkungan sekitar, ruang kelas, fasilitas sekolah, budaya dan tata tertib sekolah.

Hari Pertama
Kegiatan MPLS SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta diawali dengan Upacara bendera. Kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan budaya dan tata tertib SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta oleh wali kelas masing-masing. Wali kelas juga menjelaskan tentang kegiatan rutin yang harus diikuti oleh siswa, antara lain: bidston pagi, ibadah senin, kerja kelompok, DEAR (Drop Everything and read), dan kegiatan ekstrakurikuler.

Setelah siswa baru mengenal tentang budaya dan tata tertib di SMP Kristen Kalam Kudus, Siswa baru mengikuti kegiatan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan untuk masing-masing kelas. Kegiatan yang sudah disiapkan oleh panitia MPLS untuk Siswa baru antara lain: visi, misi, dan profil siswa; etika pergaulan siswa; pengenalan program Google Classroom; etika komunikasi dan tata cara berbicara menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar; menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars Kalam Kudus; pengenalan lingkungan sekolah, fasilitas sarana dan prasarana; metode belajar mind mapping; tata cara penggunaan fasilitas toilet; dan pengenalan ekstrakurikuler.

Hari Kedua
Kegiatan MPLS hari kedua dimulai dengan kegiatan bidston pagi, dengan renungan sentral. Selanjutnya, siswa baru mengikuti agenda kegiatan sesuai jadwal kelas masing-masing. Kegiatan dilanjutkan dengan pendidikan bahaya narkoba bagi generasi muda yang dibawakan oleh perwakilan Polsek setempat.

Setelah mendapat pengarahan dari polsek, Siswa baru diberi waktu untuk beristirahat sejanak dan menikmati bekal makanan yang dibawa dari rumah atau juga makanan di kantin. Selanjutnya siswa baru diajak oleh ketua OSIS untuk lebih mengenal organisasi siswa tersebut. Selain OSIS, siswa juga diajak berkenalan dengan Boys’ Brigade (BB) oleh tim BB SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta. Boys' Brigade atau sering disingkat BB adalah sebuah organisasi pemuda dan sebuah kegiatan ekstrakulikuler sekolah seperti halnya pramuka. Akan tetapi BB merupakan organisasi Kristen, sehingga selain ada kegiatan seperti halnya pramuka, BB juga terdapat pelajaran agama Kristen di dalamnya.

Hari Ketiga
Kegiatan MPLS hari ketiga dimulai dengan kegiatan bidston pagi dan mengikuti agenda kegiatan sesuai jadwal kelas masing-masing. Selanjutnya siswa baru didampingi oleh wali kelas masing-masing mengikuti pembinaan Kerohanian dan Karakter Siswa oleh Bp. Marojahan Sijabat.

Hari Keempat
Hari keempat kegiatan MPLS merupakan kegiatan penutupan. Sebelum kegiatan penutupan, siswa baru terlebih dahulu mengikuti kegiatan bidston pagi dan mengikuti kegiatan sesuai jadwal kelas masing-masing. Penutupan kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah ini dipimpin langsung oleh Bp. Felixtian Teknowijoyo, B.Sc selaku kepala SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta.

Sore hari, siswa baru SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta mengikuti ibadah di Gereja Kristen Kalam Kudus. Ibadah yang juga dhadiri oleh orang tua siswa ini merupakan satu rangkaian kegiatan MPLS SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta.

Dengan adanya kegiatan MPLS ini, Bp. Felix berharap agar siswa baru SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta bisa lebih mengenal dan beradaptasi dengan lingkungan belajar yang baru, sehingga bisa memotivasi siswa untuk meningkatkan minat belajar mereka di lingkungan SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta.

Baca Rekomendasi Terkait Lainnya

Baca Rekomendasi Kategori Lain

© 2016 - | Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta