Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta “Berbenah Tiada Henti” - Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta

Senin, 15 Mei 2017

Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta “Berbenah Tiada Henti”

Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta “Berbenah Tiada Henti”
Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta “Berbenah Tiada Henti”

Terbangunnya Manusia Utuh yang Takut akan Tuhan, Mandiri, dan Berguna bagi Dunia merupakan visi Sekolah Kristen Kalam Kudus yang secara nasional ada di 28 kota di Indonesia dari Medan sampai Merauke. Untuk mewujudkan visi ini Sekolah Kristen Kalam Kudus melakukan beberapa misi, yaitu:
  1. Mengajak peserta didik untuk memiliki hati yang takut akan Tuhan.
  2. Membimbing peserta didik supaya mengasihi sesama manusia dan menghargai lingkungan alam ciptaan Tuhan.
  3. Membina peserta didik bertumbuh menjadi manusia yang sehat mental, berbudi pekerti luhur dan bertanggung jawab sesuai nilai kebenaran.
  4. Memberikan pengetahuan yang berkualitas kepada peserta didik sesuai tuntutan perkembangan zaman.
  5. Melengkapi peserta didik dengan keterampilan yang berkualitas sesuai kebutuhan dan potensi untuk mengembangkan dirinya.
  6. Memberdayakan semua yang berkepentingan (stakeholder) untuk menjadi insan pendidikan

Seluruh kegiatan sekolah dikemas untuk mewujudkan visi dan misi sekolah baik kegiatan intra maupun ekstrakurikuler serta kegiatan umum.

Memenuhi tuntutan era digital, Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta berbenah untuk melengkapi seluruh personil sekolah. “KK Go Digital” adalah slogan yang dicanangkan sejak tahun 2016 diharapkan dapat memacu semua, mulai dari pimpinan, Guru, Staff Pelayanan serta Siswa agar mengikuti perkembangan teknologi yang sangat pesat. Pembelajaran menggunakan Google Classroom dan Google Drive sudah diterapkan dengan melibatkan guru dan murid secara aktif. menjadi sekolah pertama di kota Surakarta yang melaksanakan transaksi non tunai di kantin sekolah dengan memanfaatkan layanan kartu flazz. KK Newsletter menggantikan Majalah Sekolah, Informasi melalui Web Sekolah dapat diakses oleh siapapun dan dari manapun. Pembayaran di sekolah menggunakan virtual account yang memudahkan orangtua untuk melakukan transaksi dengan sekolah.

Prestasi Akademik dan non akademik adalah sesuatu yang selalu diperjuangkan dengan pemahaman bahwa sekolah memberi kesempatan kepada setiap anak didik untuk memaksimalkan semua talenta yang telah diitipkan Tuhan sampai dapat memberikan yang terbaik dan apapun hasilnya disyukuri sebagai berkat Tuhan. Sederet penghargaan telah dihasilkan melalui prestasi Siswa di bidang Sains, Olahraga, Kesenian dan Keterampilan.

Untuk mewadahi berbagai bakat minat siswa, dibuka beragam ekstrakurikuler yang bisa dipilih siswa, 4 ekstrakurikuler di jenjang KB, 8 ekstrakurikuler di jenjang TK, 24 ekstrakurikuler di jenjang SD, 26 ekstrakurikuler di jenjang SMP dan 15 ekstrakurikuler di jenjang SMA. Walau tak mudah mengelola ekstrakurikuler yang begitu banyak ini, tetapi Sekolah mengupayakan guna memberikan kesempatan seluasnya agar siswa mulai menggali talentanya sejak dini.

Pembentukan karakter menjadi fokus utama pada kegiatan yang dilaksanakan, seperti kegiatan Pramuka, Boys’ Brigade, Live In. Basilea Discipleship Camp, Latihan Dasar Kepemimpinan, Fuitfull Living Program, Work Experiance Program, House Meeting, dan lainnya. Disediakan layanan Psikologi dan Konseling untuk siswa yang membutuhkan konsultasi.

Pendamping terbaik adalah pendampingan yang dilakukan orangtua, namun dewasa ini banyak keluarga dituntut kedua orangtua harus bekerja meski ada rasa khawatir saat meninggalkan putra-putri di rumah. Sejak Agustus 2016, KB dan TK Kristen Kalam Kudus telah menyediakan pelayanan “Eden” Day Care, dari pukul 07.30 - 17.00 yaitu pendampingan anak saat tidak bersama dengan orangtua, dengan program fullday atau halfday sesuai kebutuhan.

Sudah 43 tahun Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta menjadi mitra Pemerintah untuk ikut ambil bagian mencerdaskan anak bangsa. Kami terus berupaya mengembangkan diri agar mampu membekali siswa menjadi manusia seutuhnya dengan lebih baik lagi.

sumber:
Solopos. 14 Mei 2017. Sekolah Kristen Kalam Kudus “Berbenah Tiada Henti”. Halaman 12.

Baca Rekomendasi Terkait Lainnya

Baca Rekomendasi Kategori Lain

© 2016 - | Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta