Outbound Guru dan Karyawan SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta - Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta

Sabtu, 21 Januari 2017

Outbound Guru dan Karyawan SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta

Outbound Guru dan Karyawan SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta
Outbound Guru dan Karyawan SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta

Guru dan Karyawan sudah memenuhi Lobi SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta sejak pagi (21/1/2017). Tampak beberapa guru sedang bercengkerama sambil duduk santai, sementara sebagian yang lain terlihat sibuk menyiapkan barang yang dibawa. Guru dan Karyawan SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta akan mengadakan kegiatan Outbound. Kegiatan Outbound diadakan di Kampoeng Karet, Desa Puntukrejo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Guru dan Karyawan berangkat dari SMP dengan menggunakan Bus pukul 07.30 WIB dan sampai di Kampoeng Karet sekitar pukul 09.15 WIB. Sesampaninya di Kampoeng Karet, Guru dan Karyawan disambut oleh gerimis dan kabut serta segarnya udara khas pegunungan. Selanjutnya, Guru dan Karyawan diberikan pengarahan oleh Tim Outbound Kampoeng Karet serta diantarkan ke tempat transit. Di tempat transit, Tim Outbound Kampoeng Karet memberi penjelasan tentang kegiatan outbound yang akan dilakukan. Sembari mendengarkan pengarahan dari Tim Outbound Kampoeng Karet, Guru dan Karyawan menikmati suguhan makanan ringan dan teh hangat. Pengarahan selesai, Guru dan Karyawan diberi waktu untuk berganti pakaian untuk melakukan kegiatan outbound.

Kegiatan outbound pagi itu dimulai dengan pemanasan tubuh dan beberapa permainan sederhana. Di tengah-tengah permainan diminta untuk membentuk kelompok dengan permainan. Setelah terbentuk kelompok, setiap kelompok menunjuk ketua kelompok, memberi nama kelompok dan membuat sebuah yel-yel penyemangat. Terbentuk empat kelompok, yaitu Kelompok Burung Camar dengan ketua Bapak Aris Subagio, Kelompok Pelangi dengan ketua Bapak Tomy Kristiawan, Kelompok Telo dengan ketua Ibu Sri Setyowati, dan terakhir Kelompok Telolet dengan ketua Bapak Boas Deny Sophia Thinker.

Berbagai permaianan yang mengharuskan untuk bermain secara kelompok pun dilakukan. Dari permainan estafet air, estafet balon berisi air, mengangkat sebuah baskom dengan kaki, estafet variasi, spider web, dan masih banyak yang lainnya. Tak terasa, matahari pun sudah berada tepat berada di atas kepala, permainan pun dihentikan sejenak agar Guru dan Karyawan bisa beristirahat serta menikmati hidangan yang sudah disiapkan untuk makan siang.

Setelah selesai mengisi tenaga, Tim Outbound Kampoeng Karet mengajak semua kelompok menuju sungai yang berada tidak jauh dari Kampoeng Karet untuk melakukan kegiatan susur sungai dan tubing. Sampai di sungai, Tim Outbound Kampoeng Karet memandu Guru dan Karyawan untuk menyusuri sungai. Kondisi bebatuan yang banyak ditumbuhi lumut dan derasnya aliran air membuat beberapa Guru dan Karyawan terpeleset dan tercebur di sungai. Di sela-sela menyusuri sungai beberapa Guru dan Karyawan tampak bermain-main air dan memercikkan air ke arah temannya yang tampak belum basah. Tampak rona berseri di wajah para Guru dan Karyawan saat kegiatan susur sungai.

Guru dan Karyawan pun sampai di ujung dari kegiatan susur sungai dan sudah ditunggu dengan kegiatan yang lain, yaitu tubing. Guru dan Karyawan pun diharuskan menggunakan perlengkapan keamanan seperti helm, pelindung tangan, dan pelindung kaki. Tubing dilakukan dalam kelompok kecil, 3-4 orang, yang dipimpin seorang pemandu tubing yang sudah berpengalaman. Kegiatan tubing pun berakhir, Guru dan Karyawan kembali ke tempat transit untuk membersihkan badan dan mandi.

Kegiatan terakhir outbound itu dipandu oleh Tim Outbound Kampoeng Karet. Mereka membacakan perolehan skor tiap kelompok. Kelompok yang berhasil meraih poin paling banyak dan menempati juara pertama adalah Kelompok Telo yang diketuai oleh Ibu Sri Setyowati. Ibu Sri Setyowati pun memberikan kesan dan pesan selama outboun serta menerima hadiah dari Tim Outbound Kampoeng Karet. Kegiatan sore itu ditutup dengan doa penutup. Guru dan Karyawan SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta pun kembali ke Solo dengan Bus pukul 15.00 WIB dan sampai di SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta pukul 16.30 WIB.


Baca Rekomendasi Terkait Lainnya

Baca Rekomendasi Kategori Lain

© 2016 - | Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta