Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta Gelar Pelatihan Guru - Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta

Kamis, 22 Desember 2016

Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta Gelar Pelatihan Guru

Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta Gelar Pelatihan Guru
Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta Gelar Pelatihan Guru

Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta terus meningkatkan diri dengan mengadakan kegiatan “Pelatihan Praktik yang Baik dalam Pembelajaran tingkat SD dan SMP”. Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta bekerja sama dengan United States Agency International Development (USAID) - Prioritizing Reform, Innovation, and Opportunities for Reaching Indonesias Teachers, Administrators, and Students (PRIORITAS) Provinsi Jawa Tengah.

Pelatihan yang diadakan saat libur semester (19-22/12/2016) ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Kelompok SD dan Kelompok SMP. Pelatihan untuk Kelompok SD bertempat di SD Kristen Kalam Kudus Surakarta. Pelatihan untuk Kelompok SD ini diikuti juga oleh Guru Kelompok Bermain (KB) dan Guru TK. Tujuan dari bergabungnya Guru KB dan Guru TK di pelatihan Kelompok SD ini adalah agar Guru KB dan Guru TK dapat memahami kebutuhan pembelajaran saat siswa KB dan siswa TK masuk ke jenjang SD. Pelatihan Kelompok SD diikuti oleh 107 Guru dari jenjang KB, TK, dan SD serta didampingi oleh 5 fasilitator USAID yang terdiri atas guru dan kepala sekolah terbaik dari berbagai wilayah di Jawa Tengah.

Sementara itu, Pelatihan untuk Kelompok SMP diadakan di tempat berbeda, yaitu di SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo. Pelatihan untuk Kelompok untuk SMP ini juga diikuti oleh guru SMA. Pelatihan selama 4 hari itu berlangsung dengan menarik dan menantang. Dengan didampingi 5 fasilitator, pelatihan untuk Kelompok SMP dikemas dengan sederhana tetapi sangat bermakna. Fasilitator dari USAID mengajarkan tentang metode pembelajaran aktif yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan Sekolah Kristen Kalam Kudus untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran. Metode pembelajaran aktif yang diajarkan saat itu langsung dipraktikkan agar Guru SMP dan SMA bisa lebih memahami konsep utama dari metode tersebut.

Pelatihan untuk Kelompok SD dan Kelompok SMP berjalan dengan lancar dan efektif sehingga mudah diterapkan di dalam proses kegiatan belajar mengajar. Kegiatan pelatihan untuk Guru di Sekolah Kristen Kalam kudus Surakarta dari jenjang KB hingga jenjang SMA rutin dilakukan agar pelayanan pendidikan untuk siswa Sekolah Kristen Kalam Kudus dapat selalu ditingkatkan.

Baca Rekomendasi Terkait Lainnya

Baca Rekomendasi Kategori Lain

© 2016 - | Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta