Kaizen Competition Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta - Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta

Sabtu, 20 Agustus 2016

Kaizen Competition Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta

Kaizen Competition Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta
Kaizen Competition Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta

Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta mengadakan lomba untuk semua jenjang Kalam Kudus Surakarta dengan tajuk Kaizen 1 Competition yang diadakan pada hari sabtu, 13 Februari 2016 lalu. Kaizen (改善) adalah istilah dalam bahasa Jepang yang terdiri dari 2 kanji yaitu kai (改) yang berarti perubahan dan zen (善) yang berarti kebaikan. Kaizen, dalam bahasa Mandarin disebut gaishan, gai berarti perubahan atau tindakan perbaikan, sedangkan shan berarti baik atau keuntungan. Kaizen merupakan suatu filosofi yang memfokuskan diri pada pengembangan dan penyempurnaan secara terus menerus atau berkesinambungan dalam perusahaan atau organisasi. Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta mengadopsi, mengadaptasi, dan menerapkan filosofi Kaizen ke dalam lingkungan kerja dengan harapan agar Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta berkembang lebih baik lagi.

Acara Kaizen 1 Competition diawali dengan menyanyikan sebuah pujian bagi Kemuliaan Allah dan dilanjutkan dengan doa. Selanjutnya, dilakukan presentasi peserta Kaizen yang berjumlah 16 peserta. Peserta Kaizen berasal dari semua jenjang Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta, dari Program Kebutuhan Khusus (PK2), KB, TK, SD, SMP, SMA, dan International Program. Setiap peserta yang rata-rata beranggotakan 3 orang diberikan kesempatan 10 menit untuk mempresentasikan perubahan-perubahan atau tindakan perbaikan yang sudah dilakukan di lingkungan kerja masing-masing. Setiap peserta mempresentasikan bermacam-macam topik, ide, inovasi, dan gagasan yang berbeda-beda. Misalnya jenjang KB-TK mendaur ulang crayon warna yang sudah patah-patah dan pendek menjadi crayon baru, jenjang SD menggunakan teknik untuk menghemat kertas, jenjang SMP berinovasi dengan mengembangkan sistem SMS gateway, jenjang SMA membuat sabun cuci tangan sendiri, dan masih banyak yang lainnya. Setiap presentasi dinilai oleh tiga orang juri dan keputusan akhir tidak bisa diganggu gugat.

Setelah semua peserta selesai mempresentasikan kegiatan perbaikan, juri berdiskusi dan mengakumulasikan nilai untuk menetapkan juara. Tidak hanya juri yang bisa memberikan penilaian, tetapi penonton dari berbagai jenjang juga bisa memberikan penilaian untuk mencari juara pilihan. Sembari juri dan panitia menghitung penilaian, peserta dan penonton break untuk menikmati sajian serta beramah tamah dengan rekan kerja dari jenjang lain. Beberapa guru memanfaatkan waktu di sela-sela break dan ramah tamah untuk memuliakan nama Tuhan dan berkaraoke guna mncairkan suasana.
Acara pun kembali dimulai untuk mengumumkan juara Kaizen 1 Competition. Juara pilihan penonton jatuh kepada jenjang SD, Juara 3 jatuh kepada jenjang PK2, juara 2 jatuh kepada Jenjang SD yang juga menjadi juara pilihan penonton, dan juara 1 jatuh kepada jenjang SMP - International Program. Kemudian Acara dilanjutkan dengan foto-foto dan ditutup dengan doa.

Demikianlah Acara Kaizen 1 Competition yang diadakan Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta. Semoga dengan diadakannya acara ini, Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta dapat berkembang menjadi Sekolah yang lebih baik lagi. Amin. Tuhan Memberkati.



Baca Rekomendasi Terkait Lainnya

Baca Rekomendasi Kategori Lain

© 2016 - | Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta