Food and Nutrition: Bridging Course, Checkpoint 1 - Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta

Senin, 02 Mei 2016

Food and Nutrition: Bridging Course, Checkpoint 1

Food and Nutrition: Bridging Course, Checkpoint 1
Food and Nutrition: Bridging Course, Checkpoint 1

Makanan dan nutrisi erat sekali hubungannya dengan keseharian kita dan sangat penting sebagai sarana penunjang kesehatan tubuh. Di zaman yang serba cepat ini, memilih makanan yang tepat dan baik serta bergizi sangatlah penting untuk kesehatan metabolisme tubuh, dimana saat ini banyak ditawaran berbagai sajian makanan mulai dari makanan pinggir jalan hingga makanan cepat saji (fast food). Tidak semua makanan yang disajikan ini baik untuk dikonsumsi dan mempunyai nilai gizi yang tinggi bagi tubuh.

Berangkat dari hal kecil dan relevan dengan kehiduan keseharian kita, maka program Bridging Course atau Kelas Matrikulasi untuk Checkpoint 1 tahun ajaran 2010/2011, mengangkat topik Food and Nutrition sebagai suatu program yang akan diberikan kepada siswa yang dikemas menjadi beberapa sub topik dan terdapat aktivitas serta rancangan kegiatan yang menarik seperti games menarik dan praktek langsung. Kegiatan ini berlangsung selama 9 hari dari 24 Mei 2010 sampai 11 Juni 2010.

Sub topik pertama adalah Celebrating Energy. Sub topik pertama memiliki tujuan, antara lain: 1) agar siswa dapat mengerti dan mendefinisikan energi; 2) dapat mengapresiasikan nilai makanan dan mengingat orang yang kurang beruntung sampai mengalami malnutrisi; dan 3) membangun hubungan yang baik antara murid dan guru dengan brainstorming dan games yang seru dan menyenangkan. Acara ini dikemas sebagai opening program, dimana semua guru science dan panitia hadir untuk perkenalan dengan murid Checkpoint 1.

Sub topik kedua adalah Energy Identification. Sub topik kedua memiliki tujuan, antara lain: 1) me-review teori dasar tentang energi yang diajarkan oleh guru bahasa Inggris (Ms. Nita), Fisika (Ms. Evilla), dan Kimia (Ms. Ann Elecanal); 2) mengenal energi dan tipe-tipenya; 3) menjelasksn bahwa makanan adlah bagian dari energi yang digunakan setiap hari.

Sub topik ketiga adalah Food Pyramid and Nutrition Facts. Sub topik ketiga memiliki tujuan, antara lain: 1) agar siswa dapat mendefinisikan piramida makanan serta bagian-bagiannya; 2) mengerti dan memahami nilai dari piramida makanan; 3) mengerti serta memahami definisi kandungan unsur makanan; 4) menghitung kandungan nutrisi yangada pada label makanan. Sub topik ketiga dikemas dalam pembelajaran Biologi (Ms. Cicik), bahasa Inggris (Ms. Lulut), dan Matematika (Ms. Yani).

Sub topik keempat adalah Enjoy Food and Get Healthy. Sub topik keempat memiliki tujuan, antara lain: 1) siswa mengetahui perbedaan makanan sehat berdasarkan klasifikasinya, 2) memahami indikator dari makanan sehat, dan 3) mendemonstrasikan pengaturan dari makanan yang sehat. Sub topik keempat dikemas dalam pembelajaran ICT (Ms. Heni), Matematika, dan Kimia.

Sub topik kelima adalah Salt and Sugar. Sub topik kelima memiliki tujuan, antara lain: agar siswa dapat 1) membedakan penggunaan gula dan garam pada makanan, 2) mengetahui keuntungan dari penggunaan garam dan gula bagi kesehatan manusia, dan 3) mengetahui kekurangan dari penggunaan garam dan gula pada manusia. Sub topik kelima dikemas dalam pembelajaran bahasa Inggris, Fisika, dan Kimia

Sub topik keenam adalah Nutrition, Functions, and Plates. Sub topik keenam memiliki tujuan, antara lain: 1) agar siswa belajar tentang sanitasi dan persiapan makanan; 2) mengapresiasi makanan sebagai berkat dari Tuhan; dan 3) demonstrasi memasak masakan sehat. Sub topik keenam dikemas dalam pembelajaran Matematika, bahasa Inggris, dan Biologi (Ms. Rini).

Sub topik ketujuh adalah We are what we eat!. Sub topik ketujuh memiliki tujuan, antara lain: 1) agar siswa mengetahui definisi dari diet yang seimbang dan 2) mengevaluasi makanan yang sering mereka makan dengan cara membuat diary of meal. Sub topik ketujuh dikemas dalam pembelajaran Biologi, Matematika, dan ICT (Mr. Aris).

Sub topik kedelapan adalah Natural and Artificial (Organic/Inorganic/Junk Food). Sub topik kedelapan memiliki tujuan, antara lain: 1) agar siswa mampu membedakan klasifikasi makanan berdasarkan substansi proses kimianya, 2) memahami efek dari makanan yang telah diproses secara kimiawi terhadap tubuh, dan 3) siswa mampu melakukan manajemen makanan yang baik. Sub topik kedelapan dikemas dalam pembelajaran Fisika, Matematika, dam Kimia.

Sub topik kesembilan adalah Natural and Artificial (Additive Substances). Sub topik kesembilan memiliki tujuan, antara lain: 1) siswa mampu mendefinisikan pengawet bahan makanan yang ditambahkan pada makanan dan kenapa ini menjadi penting; 2) mendefinisikan metode dari pengawetan makanan, mengetahui efek dari pengawet makanan kepada tubuh manusia; dan 3) memberikan tips untuk memilih makanan berpengawet yang baik dan benar. Sub topik kesembilan dikemas dalam pembelajaran Kimia, Biologi, dan bahasa Inggris.

Di hari terakhir siswa-siswi mempresentasikan hasil pembelajaran mereka dengan memasang display tentang makanan dan healthy cooking demonstration di depan orang tua siswa dan tamu yang datang. Kegiatan ini didampingi oleh guru science dan kepala sekolah. Kegiatan ini berlangsung baik dan membawa banyak manfaat bagi siswa-siswi sendiri dan berbagai pihak.

oleh: Ms. Sherlly

Baca Rekomendasi Terkait Lainnya

Baca Rekomendasi Kategori Lain

© 2016 - | Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta