Science Investigatory Research (SIR): Pencarian Inovasi Tanpa Akhir - Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta

Jumat, 29 April 2016

Science Investigatory Research (SIR): Pencarian Inovasi Tanpa Akhir

Science Investigatory Research (SIR): Pencarian Inovasi Tanpa Akhir
Science Investigatory Research (SIR): Pencarian Inovasi Tanpa Akhir

Apakah SIR itu? Untuk apakah itu? Apakah kita sungguh memerlukannya? Bagaimana itu berpengaruh pada keberhasilan penerapan teori ke praktek nyata? ini hanya beberapa pertanyaan yang muncul saat siswa IGCSE 2 mendengar kata ini. Science Investigatory Research atau umumnya dikenal sebagai SIR adalah sebuah penelitian bebas yang dilakukan secara berkala oleh siswa IP Sekolah Kristen Kalam Kudus kelas IGCSE 2. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penemuan dan inovasi baru yang akan berpengaruh luas pada strategi bagi guru dan siswa.

Siswa IP mulai dari kelas Checkpoint 1 sampai IGCSE 1 diberikan kesempatan untuk melakukan penelitian melalui mata pelajaran Literature Review agar mereka siap melangkah maju ke tahap berikutnya. Pada tahap ini, guru memberikan konsep dasar tentang penelitian kepada siswa dan pada akhir semester pembahasan yang telah mereka pilih akan dikumpulkan.

SIR bukanlah tugas yang mudah untuk seorang siswa; diperlukan kerja keras, waktu, dan pengumpulan bahan. Siswa akan bekerja berpasangan dan bebas untuk memilih sendiri topik dan judul yang telah disetujui oleh pembimbing SIR. Topik dapar meliputi Fisika, Kimia, atau Biologi sesuai dengan minat mereka dan memungkinkan untuk direalisasikan. Pendanaan tergantung pada siswa sendiri; sekolah biasanya memberikan bantuan berupa keperluan kimia untuk analisis teknis.

Di akhir semester gasal, siswa akan mempresentasikan teori dan bahan-bahan pendukung yag menunjang penelitian mereka. Tata bahasa dan pemanfaatan sumber IT yang tepat juga dinilai. Semester kedua akan dialokasikan untuk final defense; yang berarti siswa akan menyusun hasil akhir dan mempresentasikannya di hadapan panelis. Panelis akan menanyakan beberapa pertanyaan tentang penelitian yang dilakukan dan memberikan saran yang membangun.

Yang perlu digarisbawahi, penelitian memiliki peran penting dalam proses pembelajaran. Kita selalu menggunakannya di waktu dan cara yang berbeda. tetapi, terkadang kita hanya menerima begitu saja. Meneliti adalah hal yang menyenangkan, menarik, dan menantang untuk generasi muda seperti siswa IP, tapi pada akhirnya jika mereka menemukan jawaban dari masalah mereka, mereka akan merasa lebih dari sekedar puas. Let the quest begin!

oleh: Ms. A. M. Elecanal-Guavis
Physics/Chemistry Teacher, SIR Adviser Kalam Kudus Christian School, International Program

Baca Rekomendasi Terkait Lainnya

Baca Rekomendasi Kategori Lain

© 2016 - | Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta